K A N G A M E T

Loading

Blog ini- Bagi para pecinta gadget seperti smartphone Android, apakah anda mengetahui bahwa setiap smartphone android memiliki berbagai jenis seri yang sudah di rilis dari tahun ke tahun?

Seri-seri android dari yang paling pertama hingga yang terkini saat ini poly membawa perubahan terutama pada fitur-fitur keren yang saat ini sanggup anda rasakan. Tidak heran bila ponsel android dalam tahun 2020 sudah mengadopsi fitur-fitur sophisticated yang nir anda dapatkan dalam tahun sebelumnya.

Menariknya lagi, Google selalu berupaya memberikan pembaharuan setiap tahunnya demi menghadirkan seri Android yang lebih stabil, fitur baru

Urutan Sistem Operasi Android

Pengguna android di Indonesia sendiri jumlahnya sangat besar, bahkan 12 : 1 dengan pengguna IOS dari Apple, menurut beberapa survei menyatakan jika Android ini sendiri adalah operasi sistem paling populer di seluruh dunia.

Tetapi apakah semua orang yang memakai ponsel android telah mengenal seri-seri android sebelumnya sekedar untuk memastikan bahwa smartphone mereka terinstall OS android versi terbaru? Atau mereka sama sekali tidak tahu kalau android itu di bagi menjadi beberapa versi dari yg paling rendah hingga paling tinggi?

Sedikit sejarah mengenai urutan seri OS android yang digunakan di hp anda, diluncurkan pertamakali sejak tahun 2000-an. Sebelum di akusisi oleh Google, perusahaan OS ini sendiri memiliki nama Android Inc yang didirikan oleh Palo Alto dari California di tahun 2003 yang kemudian digawangi oleh temannya yaitu Andy Rubin yang dikenal banyak orang sebagai Bapak Android.

Hingga ditahun 2008, barulah rilis salah satu smartphone pertama yang dibekali oleh sistem operasi android yaitu HTC Dream. Menarik juga ya sejarah singkat android ini, lantas seperti apa urutan versi pertama hingga versi terakhir OS Android ? Berikut ulasannya.

Daftar Urutan Os Android Versi Terlengkap

1. Android 1.0 Astro Alpha

Versi android yang pertama ini mungkin sangat asing untuk anda karena jelas pada saat itu belum banyak beredar secara publik. Versi android ini diluncurkan pada tahun 2008 oleh Andy Rubin yang juga dikenal sebagai bapak  Android.

Meskipun nama dari versi android pertama ini terdengar seperti jenis makanan, tapi OS ini menjadi pionir pengembangan untuk beberapa versi lanjutan

2. Android 1.5 : Cupcake

Versi android kedua yang dikenal seperti nama kue ini adalah Cupcake yang mana rilis pada tanggal 31 April 2009 dengan berbagai fitur keren yang mungkin juga sudah ada pengembangan dari versi sebelumnya. Fitur paling mencolok di versi ini adalah Featured Phone.

3. Android 1.6 : Donut

Awal rilis, android versi ini memiliki banyak bug dan butuh banyak perbaikan disana-sini sehingga ketika dirilis pada tahun 2010 terpaksa harus berakhir hanya dalam waktu 5 bulanan saja. Android juga menambahkan beberapa fitur baru di versi ini namun sayangnya harus di hentikan karena tidak kompatibel dengan beberapa smartphone.

4. Android 2.0 dan 2.1 Éclair

Secara umum versi android ini di rilis untuk memperbaharui versi sebelumnya yang memiliki banyak Bug, mengenai kedua OS ini sudah banyak fitur menarik yang bisa di rasakan oleh para pengguna.

Rilis ditahun yang sama membuat android versi Eclair cukup disukai banyak pengguna umum karena sudah menghadirkan dukungan Bluetooth dan kamera yang dapat bekerja di beberapa smartphone. Pada awal rilis, versi android ini di tanamkan pada merk HTC Nexus One.

5. Android 2.2 Froyo

Versi yang telah banyak dikenal oleh kalangan umum sebagai brand sebuah smartphone adalah android Froyo yang dirilis pada tanggal 20 mei 2010. Pada saat itu OS android versi ini masih berkembang di kalangan masyarakat dan belum sepopuler Symbian maupun Nokia.

Android versi 2.2 Froyo memberikan banyak sekali peningkatan mulai dari segi kecepatan kerja, fitur USB Thetering, Wifi dan masih banyak lagi yang lainnya. Boleh di katakan sebenarnya pada saat itu versi android ini sudah banyak ditanamkan pada beberapa merk smartphone tetapi belum banyak orang yang mau menggunakannya karena kalah saing dengan Symbian.

6. Android 2.3 Gingerbread

Versi berikutnya rilis di tahun 2011 adalah Android Gingerbread yang diluncurkan tepat di awal januari yang membawa peningkatan secara signifikan. Ada banyak perubahan yang di usung dari versi android yg satu ini mulai dari User Interface hingga beberapa pembaharuan lain yang mendukung kinerja dari ponsel.

Versi android Gingerbread pertama kali dicoba pada merk smartphone asal Korea Selatan yaitu Samsung Galaxy Series yang kemudian populer hingga saat ini. Versi android Gingerbread juga mengusung banyak sekali fitur keren yang waktu itu cukup untuk membuat Symbian merasa ketar ketir.

7. Android 3.0 Honeycomb

Kemudian tidak lama setelah itu muncullah versi android baru yang diperuntukkan bagi para pengguna Tablet, android versi ini diberi nama Honeycomb.

Meskipun pada saat itu ponsel android sudah lumayan terkenal, tetapi banyak orang yang tidak tahu kalau sebenarnya ada seri terbaru yang di peruntukkan bagi pengguna tablet yaitu seri Honeycomb. Rilis pada tanggal 10 Mei 2011 dan di pakai pertama kali di tablet Samsung Galaxy Tab Series.

8. Android 4.0 : Ice Cream Sandwich

Tanggal 9 Oktober 2011 kemudian Google mengeluarkan versi terbaru sebagai ganti dari beberapa versi sebelumnya yang memiliki banyak fitur keren dan tentunya sudah terbaru.

Memiliki nama yang cukup panjang terkadang membuat para pengguna kesulitan dalam penyebutannya, tetapi itulah yang membuat ciri khas dari versi terbaru ini.

9. Android 4.1 Jelly Bean

Sistem operasi android yang diperkenalkan tahun 2012 yang mana hampir semua orang pernah memakainya , diberi nama Jelly Bean dengan pembaharuan signifikan. Ada banyak fitur baru yang disematkan pada versi ini, misalnya seperti sektor pengolahan grafis dan beberapa fitur lainnya.

10. Android 4.4 Kitkat

Tahun 2013 barulah muncul android versi lebih baru lagi dengan sebutan Kitkat yang menjadi favorit banyak orang untuk digunakan di berbagai jenis perangkat kala itu karena versi android ini benar-benar memaksimalkan kinerja perangkat.

Baca juga: Cara mendapatkan smartphone gratis!

11. Android 5.0 Lollipop

Rilis pada juni 2014, membuat versi android ini cukup menarik karena dipakai sebagai pioner OS default untuk beberapa jenis smartphone di seluruh dunia. Banyak merk smartphone yang kita kenal mulai memakai OS ini sebagai sistem operasi utama di brand mereka.

Salah satu brand yang pernah memakai OS Lollipop adalah Asus Zenfone 2 yang sudah mengusung RAM sebesar 4 GB pada waktu itu.

12. Android 6.0 Marshmallow

Tahun 2015 muncul kembali pembaharuan dari versi sebelumnya yaitu android Marshmallow yang menghadirkan fitur Fingerprint Sensor dan keamanan biometrik lainnya.

Salahsatu fitur yang ada pada versi android ini yang paling ditunggu oleh pengguna smartphone yaitu mengenai fitur sound atau setelan suara yang lebih canggih

Mungkin jika pada versi android sebelumnya, semua langsung menjadi satu, namun berbeda pada versi android ini karena didalamnya menyediakan 3 pengaturan suara dalam 3 model

Setelan untuk nada notifikasi, setelan untuk suara alarm, dan yang satunya yaitu setelan untuk volume atau suara dari media yang diputar sehingga nda bisa mengatur sesuai yang anda inginkan.

13. Android 7.0 Nougat

Rilis di tahun 2016 dan mengalami banyak sekali perubahan baik dari segi tampilan hingga fitur yang di usung. Didalam versi android nougat ini, anda akan mendapat fitur yang memang belum banyak disematkan pada versi android sebelumnya. Nah, fitur tersebut diantaranya adalah:

 Splitt screen

Fitur ini sangatlah membantu bagi anda yang sering menggunakan smartphonenya untuk kegiatan multitasking terutama untuk aktivitas bisnis.

Dengan fitur Splitt screen, anda bisa terlihat seperti sedang membelah layar menjadi dua bagian sehingga dapat dimasuki dua aplikasi secara langsung,

– Balas chat langsung

Saat anda mendapatkan sebuah pesan baru pastinya jika menggunakna versi android sebelumnya kadang harus masuk kedalam aplikasinya secara langsung.

Nah, berbeda pada versi android nougat. Anda akan lebih dipermudah karena dapat membalas chat atau pesan langsung melalui notifikasinya sehingga anda tidak perlu masuk kedalam aplikasinya terlebih dahulu.

– UI Tuner

Bagi anda yang merasa bosan dengan list yang ada pada statusbar smartphone android dan ingin menggantinya, maka pada versi android ini anda bisa merubahnya dengan mudah.

Fitur UI Tuner memfasilitasi anda untuk mengatur ulang widget statusbar. Selain itu anda juga dapat mengaktifkan mode senyap atau jangan ganggu dengan mudah hanya dengan menekan salahsatu tombol pada smartphone yaitu tombol volume.

14. Android 8.0  Oreo

Rilis pada tahun 2017 dan banyak di pakai oleh brand smartphone ternama diseluruh dunia. Sistem operasi ini memiliki kemampuan multitasking yg lebih mumpuni dari versi sebelumnya.  Pada versi Android Oreo terdapat beberapa fitur yang sudah disematkan, diantaranya :

– Menunda notifikasi

Bagi anda yang sering mendapatkan notifikasi pasti merasa sedikit kesal dengan notifikasi yang saling bersautan sehingga anda bingung dalam memilih mana yang menjadi prioritas.

Nah dengan adanya fitur penundaan pada Android Oreo pastinya anda akan semakin mudah dalam mengatur notifikasi. Jika anda ingin menutup notifikasi terlebih dahulu pada aplikasi, maka anda tinggal merubahnya langsung saat notifikasi itu muncul dan notifikasi tersebut akan tertunda sampai batas waktu yang ditentukan.

– Pembatasan aplikasi

Di versi android Oreo juga mempunyai fitur untuk menghemat daya konsumsi baterai smartphone yaitu dengan adanya fitur pembatasan aplikasi ini.

Dengan fitur Pembatasan aplikasi maka aplikasi-aplikasi yang banyak memakan baterai dan jarang digunakan, secara otomatis dibatasi penggunaan dayanya dibelakang layar. Sehingga baterai anda akan jauh lebih awet

– Autofill

Nah, pada versi android Oreo anda juga mendapat fitur yang sangat berguna yaitu autofill, dimana jika muncul sebuah formulir dengan format yang sama maka akan langsung terisi sesuai autocomplete yang disimpan sebelumnya

Hal ini pastinya bermanfaat bagi anda yang suka bergonti-ganti akun dan sering logout dari aplikasi yang membutuhkan login seperti media sosial.

15. Android 9.0 : Pie

Diperkenalkan pada Agustus 2018, membawa banyak sekali perubahan dari sektor fitur dan desainnya. Android versi ini sudah banyak digunakan oleh smartphone terbaru

Hal itu dikarenakna versi android Pie yang dianggap paling stabil dan juga menyediakan fitur modern yang sangat populer saat ini.

Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh versi android Pie ini diantaranya :

– Dark mode

Siapa sih yang belum pernah mendengar nama fitur ini? pastinya semua orang sudah tau karena dark mode begitu populer diperbincangkan dalam kehidupan sehari-hari

Fitur ini sangat membantu bagi pengguna yang merasa bosan dan lelah saat melihat layar terang. Nah, dengan mengaktifkan fitur dark mode akan membuat tampilan layar menjadi gelap dan nyaman dipandang.

Baca juga: 7 resiko menggunakan dark mode

– Screenshoot editing

Jika pada versi android sebelumnya, saat melakukan screenshoot yaaa pasti langsung masuk ke galeri dan sangat susah untuk diedit langsung kecuali menggunakan hp yang sudah di modifikasi.

Nah, bagi anda yang ingin mengedit screenshoot langsung setelah mengambil tangkapan layar, maka versi android inilah yang menjadi jawabannya.

– Gesture navigation

Mungkin fitur ini tidak menjadi fitur utama yang di unggulkan, namun dengan adanya penyematan fitur Gesture kedalam versi android terbaru membuat semua pengguna smartphone merasakan kemudahan saat mengoperasikan layar karena tinggal menggeser layar dan mengusap dua jari saja untuk memperbesar atau memperkecil

Mungkin dulunya hanya beberapa smartphone yang support, nah dengan versi android Pie ini membuat semua pengguna mendapatkan kemudahan dalam hal gesture

15. Android Q Beta

Android model terbaru ini belum sempat rilis, pernah dicoba secara terbatas di tahun 2019 hanya di beberapa perangkat smartphone saja seperti Google Pixel. Namun akhir-akhir ini mulai beredar informasi bahwa sudah banyak android yang akan dibekali atau akan mendapatkan pembaharuan versi Android-Q itu sendiri.

Pada versi android terbaru saat ini yaitu android Q mempunyai berbagai fitur unggulan didalamnya, beberapa diantaranya adalah :

– Digital wellbeing

Fitur ini merupakan sebuah tema yang ada di dalam android Q dimana Digital wellbeing akan membuat tampilan layar smartphone anda menjadi lebih seimbang dan pastinya lebih nyaman saat digunakan.

– Support Smartphone lipat

Jika anda sering mengikuti perkembangan teknologi smartphone akhir-akhir ini, pastilah anda mengetahui banyak produksi smartphone terbaru dengan model lipat.

Nah, android Q sudah support dengan smartphone lipat sehingga nantinya smartphone tersebut akan lebih mudah dijalankan menggunakan versi android terbaru ini

Semakin tinggi tingkatan versi android anda pastilah semakin canggih pula dukungan fitur dan fasilitas yang didapatkan. Namun, tidak semua device mendapat upgrade versi android terbaru (tergantung dari pengembang ponselnya)

Hal itu dikarenakan kondisi hardware dari smartphone tidak semuanya mendukung. Jika memang hanya mentok pada versi android sebelumnya namun dipaksakan menggunakan versi terbaru maka bisa jadi smartphone akan bermasalah (fitur tidak bekerja) dan tidak bisa berjalan dengan lancar.

Demikian informasi mengenai daftar urutan OS android lengkap dari versi pertama hingga versi terbaru. Semoga dengan adanya artikel ini anda dapat memperoleh informasi mengenai versi android yang anda gunakan

…helmykediri.com

No Comments

Leave a Comment