K A N G A M E T

Loading

Selamat Datang di Blog ini,

Seperti yg kita ketahui waktu ini bila beberapa keluaran laptop terbaru sudah menggunakan system operasi terkini jua. Kebanyakan laptop keluaran modern saat ini memakai sistem operasi Windows 10. Lantaran memang sistem operasi ini dianggap sebagai sistem operasi terbaik dalam mendukung kinerja laptop pula PC.

Walaupun begitu terkadang laptop memakai software terlalu poly akan sedikit berpengaruh terhadap kinerja laptop.

Maka dari itu solusi terbaik yg bisa anda coba merupakan menggunakan cara instal ulang Windows 10. Lantas bagaimana cara instal ulang Windows 10 yang baik & benar? Anda nir perlu risi lagi, karena dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial instal ulang & cara aktivasi Windows 10.

Jadi mulai sekarang anda nir perlu gundah lagi mencari tempat service laptop atau PC yg menyediakan layanan instalasi sistem, karena sekarang anda mampu mencobanya sendiri dirumah. Untuk itu simak ulasan ini beliau dengan baik.

Hal Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Sebelum memulai proses instalasi Windows 10, tentunya masih ada beberapa hal yg perlu anda siapkan terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa hal yg harus anda siapkan & perhatikan sebelum memulai proses instalasi.

? Pertama, pastikan bahwa baterai pada laptop anda memiliki daya yg relatif. Jangan hingga pada ketika proses instal baterai anda habis, lantaran hal ini akan Mengganggu jalannya proses instalasi. Akan lebih baik apabila anda sambungkan charger laptop anda terus menerus, supaya terhindar dari hal-hal yg nir pada inginkan.

? Kedua, sudah pasti hal primer yg harus kita siapkan adalah file Software Windows 10. Dimana anda sanggup menyimpan arsip software ini di pada DVD juga flashdisk. Sebelum itu pastikan dan cocokkan dengan laptop atau PC anda, mana yang lebih sinkron spesifikasinya

Cara Install Ulang Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Seperti yg sudah saya singgung diatas, bila menginstal sebuah sistem operasi sanggup menggunakan beberapa cara. Salah satu cara paling gampang & tak jarang digunakan adalah memakai flashdisk, lantaran memang cara ini dianggap sangat efektif & efisien.

Penasaran bagaimana langkahnya?

Simak cara install ulang Windows 10 memakai flashdisk ini beliau.

1. Membuat Bootable Windows 10 pada Flashdisk

Hal pertama yang wajib anda lakukan yaitu membentuk bootable Windows 10 pada pada flashdisk. Caranya sangatlah gampang, tetapi perlu dalam ingat pula bahwa kapasitas minimum flashdisk atau pemyimpanan lainnya haruslah berukuran 8 GB.

Karena memang buat file Windows 10 nya sendiri mampu memakan ruang sampai 4 GB. File software yang perlu anda siapkan yaitu Rufus versi portable dan file Windows 10 dalam bentuk ISO.

Download rufus = https://rufus.ie/downloads/

Download windows 10 = cara di google

Jika telah maka lanjut ke dalam langkah membuat bootable Windows di flashdisk yaitu sebaai berikut.

? Pertama, nyalakan laptop atau PC

• Kedua, klik kanan pada file rufus.exe, lalu pilih ‘Run as Administrator’.

•  Pada pilihan ‘Create a Bootable Disk Using’ klik gambar CD dan cari dimana letak file Windows 10 yang sudah anda simpan tadi. Lalu klik open untuk melanjutkan.

Create a Bootable Disk Using

• Ketiga, pada kolom ‘Device’ pilih nama flashdisk yang kita sambungkan, Karena kita sedang install ulang maka pada pilihan ‘Partition scheme and target system type’ pilih ‘MBR partition scheme’. Lalu pada kolom ‘File System’ isi dengan “FAT32’, dan pilihan lainnya bisa kita biarkan default saja.

MBR partition scheme

• Keempat, setelah selesai setting flashdisk, klik start. Maka akan secara otomatis flashdisk anda bisa digunakan untuk instalasi Windows 10.

instalasi Windows 10

2. Mengubah Boot Priority pada BIOS

Langkah selanjutnya dalam proses instalasi Windows yaitu kita harus masuk ke dalam menu BIOS terlebih dahulu. Dimana dalam hal ini, kita akan melakukan setting pada booting awal atau booting pertama kali yang diarahkan ke dalam flashdisk kita.

Untuk masuk menu BIOS sendiri, masing-masing laptop memiliki cara yang berbeda. Anda bisa mencoba menekan tombol del berulang, F9,F10,F12, atau F2.

Untuk mengubah prioritas booting ke flashdisk sangatlah mudah, dimana setelah anda masuk ke dalam menu BIOS. Pilih Boot lalu terdapat pilihan Boot Mode, pada tahap ini silakan anda ubah Boot Priority menjadi ke flashdisk. Setelah diubah, anda bisa menekan tombol F10 untuk menyimpan dan melanjutkan ke tahapan selanjutnya.

Mengubah Boot Priority

3. Proses Instalasi Windows

Setelah menyimpan settingan tersebut, diamkan beberapa saat sampai muncul tampilan proses instal Windows. Biasanya anda akan diarahkan untuk mengatur Bahasa dan waktu yang sedang digunakan, biarkan default saja dan klik Next.

Proses Instalasi Windows

• Pertama, klik pilihan ‘Instal Now’ untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya, lalu pada pilihan Active Windows pilih ‘I don’t have active key’

I don’t have active key

• Kedua, kemudian pilih system Windows yang ingin di instal. Anda bisa memilih ‘Windows 10 pro’ lalu klik ‘Next’ untuk melanjutkan proses instalasi.

• Ketiga, centang pilihan ‘ I accept the licence term’ dan Next kembali

I accept the licence term

• Keempat, pada tampilan selanjutnya anda akan diminta untuk memilih ‘Uprade’ atau ‘Custom’. Jika tidak ingin menghilangkan data yang ada di dalamnya silakan pilih saja ‘Custom’, lalu klik Next untuk melanjutkan.

Tutorial Instal Ulang

• Kelima, selanjutnya anda akan diminta untuk membuat sebuah partisi. Silakan isi dan buat partisi sesuai dengan apa yang anda butuhkan. Jika sudah pilih ‘Drive 0 unallocated space’ lalu pilih Apply dan next untuk melanjutkan. Perlu di ingat minimal kapasitas Drive C yaitu sebesar 40.000 MB.

Jika anda memiliki 4 drive (C D E G) pastikan untuk memformat drive C untuk menghapus sistem operasi yang lama , anda bisa mengenali setiap drive berdasarkan ukurannya

Biasanya drive system C berada di urutan ke dua sementara urutan pertama ditempati drive dengan kapasitas ratusan Mb karena ini hanya drive prefetch silahkan diformat juga

drive prefetch

• Tunggu sampai proses instalasi selesai

proses instalasi selesai

4. Pengaturan Dasar Windows

Pada pengaturan dasar Windows ada dua pilihan yang diberikan yaitu ‘ Use Express Setting’ dan Customize’. Jika anda ingin memberikan pengaturan secara default pilih, pilihan yang pertama. Tapi jika anda ingin memberikan pengaturan secara manual anda bisa memilih ‘Customize’ untuk mengatur tampilan dan pengaturan lainnya sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Proses selanjutnya hanyalah mengisi Region dan nama PC yang ingin anda gunakan, silakan anda klik Next saja dan tunggu sampai proses instalasi selesai.

Pengaturan Dasar Windows

Cara Aktivasi Windows 10 Menggunakan KMSPico

Pada dasarnya aktivasi Windows tidaklah sulit, namun terkadang yang menyebabkan gagal aktivasi yaitu kita lupa mematikan antivirus pada saat menginstal software tambahan activator. Untuk itu pastikan sebelum anda menginstal software Activator, pastikan bahwa antivirus anda sudah dimatikan.

Di sini saya menggunakan aplikasi KMS Pico, silakan anda unduh aplikasinya terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam langkah berikutnya.

Jika sudah mengunduh aplikasi tersebut, ekstrak file yang sudah di unduh tadi. Lalu klik kanan pada pilihan KMSPico dan pilih Run as Administrator.

Setelah anda menjalankan aplikasinya, maka akan muncul tampilan dan pilihan Activate Windows. Klik saja pilihan tersebut dan tunggu sampai proses aktivasi Windows selesai. Biasanya hal ini akan ditandai dengan notifikasi ‘Complete’ atau ‘Succesfully’.

Cara Aktivasi Windows 10

Demikian pembahasan tutorial install ulang dan cara Aktivasi Windows 10 yang bisa saya sampaikan diatas. Semoga apa yang sudah saya berikan diatas bisa bermanfaat untuk anda.

Disarankan untuk membeli lisensi windows original karena tutorial diatas hanyalah pengetahuan semata

Oleh https://helmykediri.com

No Comments

Leave a Comment