K A N G A M E T

Loading

 dan banya fitur lainnya yang serbagratis Sumber Penghasilan Google: Dari Mana Google Mendapatkan Uang Begitu Banyak? Dari Mana Google Memperoleh Penghasilan? Google menggratiskan Gmail, Blogger, dan banya fitur lainnya yang serbagratis.

Belum lagi, Google juga membagikan komisi kepada publisher AdSense, menyerupai YuoTuber, dengan jumlah sampai ratusan juta rupiah per bulannya.

Dari mana Google mendapatkan uangnya? Berapa penghasilan Google sendiri? Apa sumber penghasilannya?

Kita simak jumlah pendapatan dan sumber utama penghasilan Google yang terus meningkat tiap tahun.

Dilansir Republika dari CNN Money, Google mencatatkan penjualan sebesar 32,3 miliar dolar AS (Rp 430 triliun) di kuartal empat 2017 yang menciptakan total pendapatan mereka pada 2017 mencapai 110 miliar dolar AS (Rp 1.463 triliun).

Pendapatan kuartal kedua Google di tahun 2018, menyerupai dikutip detik.com dari Reuters, pendapatan Alphabet –induk perusahaan Google– pada kuartal kedua mencapai USD 32,66 miliar atau Rp 474 triliun.

Disebutkan, sekitar 86% dari pendapatan tersebut berasal dari bisnis iklan Google. Pendapatan lainnya dari bisnis non-iklan milik Google, menyerupai penjualan aplikasi, gadget, dan layanan cloud computing serta layanan internet.

Wuih! Banyak benerrrr…!!!

Produk Google tersebar di banyak sekali penjuru dunia, mulai dari mesin pencari (Google Search), jejaring sosial (Google Plus), sampai Perangkat Mobile.

 dan banya fitur lainnya yang serbagratis Sumber Penghasilan Google: Dari Mana Google Mendapatkan Uang Begitu Banyak?

Sejak bangkit tahun 1998, Google terus mengibarkan panji-panji kejayaan. Hingga kini, mereka masih menjadi mesin cari paling terkenal di dunia.

Google didirikan Sergey Brin dan Larry Page. Keduanya alumnus Stanford University, salah satu kampus paling bergengsi di dunia (Wikipedi).

Berikut ini sumber penghasilan Google sebagaimana diulas Investopedia. Intinya sih… iklan dan layanan premium!

1. Google Ads

Sumber Penghasilan Google sudah disebutkan di atas, yaitu terutama dari Iklan Google atau Google Ads yang dulu berjulukan AdWords.

Iklan Google memungkinkan pengiklan menjangkau khalayak online secara luas dan sempurna sasaran.

“Jangkau pelanggan di setiap platform, di semua perangkat. Iklan Display dari Google Ads ditampilkan di lebih dari 2 juta situs dan 650.000 lebih aplikasi, jadi iklan Anda sanggup menjangkau pelanggan di mana saja.” Demikian kata Google di laman Google Ads.

Di halaman hasil pencarian (SERP), kita sering menemukan beberapa baris hasil penelusuran teratas yang disematkan pelengkap “Ad”. Itulah Google Ads.

Iklan Google juga ditampilkan di fitur atau produk Google lainnya, semisal YouTube dan Maps. Setiap klik yang didapat pengiklan punya nilai bayaran ke Google.

2. AdSense

AdSense merupakan sumber pendapatan kedua Google sehabis AdWords. Di jadwal periklanan ini, Google juga membuatkan penghasilan dengan pemilik website, blogger, dan kreator video YouTube (YouTuber) ialah dua pihak yang mendapat untung paling besar dari AdSense.

Google memediasi pengiklan dengan para content kreator. AdSense menitikberatkan trafik website/blog atau view channel YouTube.

 dan banya fitur lainnya yang serbagratis Sumber Penghasilan Google: Dari Mana Google Mendapatkan Uang Begitu Banyak?

3. AdMob

AdMob ialah AdSense untuk platform mobile. AdMob dipakai oleh para pembuat aplikasi Android.

Itu ia tiga sumber utama penghasilan Google.

Selain Google Ads, AdSense, dan AdMob, pendapatan Google lainnya berasal dari layanan premium dari fitur-fitur gratis menyerupai Google Drive dan Google Analytics.

Google juga masih punya sumber penghasilan lain, menyerupai Google Shopping, Google Flight, Google Cloud Platform, dan sebagainya.

Nah, itu ia sumber penghasilan Google. Menurut CB, salah satu model bisnis online yang diterapkan Google ialah “memberi untuk menerima”. Menggratiskan banyak produk, kemudian populer, dan jadwal iklan pun jalan.

 dan banya fitur lainnya yang serbagratis Sumber Penghasilan Google: Dari Mana Google Mendapatkan Uang Begitu Banyak?

Sebagian Produk Google

Semoga kita para blogger “ketularan” sukses Google, apalagi kita ngeblog di Blogger milik Google. Amin!

Happy Blogging!

No Comments

Leave a Comment