K A N G A M E T

Loading

Selamat Datang di Blog ini. Sistem Operasi terdiri dari dua kata yaitu “sistem“ dan “operasi“. Jika keduanya digabungkan tentu memiliki makna yang mendalam terkait dengan lingkup bidang teknologi dan informasi.

Pada artikel kali ini, kami akan membahas mengenai penjelasan sistem operasi komputer serta contoh-contohnya sekedar untuk menambahkan wawasan dan pengetahuan

Dulu penggunaan sistem operasi sangat sederhana dan simple, seakan-akan anda tidak perlu mengenal lebih banyak tentang jenis-jenis sistem operasi seperti sekarang ini. Namun, sekarang anda sering mendengar nama-nama sistem operasi yang tengah populer dipasaran salah satunya Windows

Praktis atau tidaknya sebuah sistem operasi tergantung dari penggunanya itu sendiri.  Bagi orang awam, sistem operasi berbasis open source Linux dirasa begitu sulit dipelajari karena banyaknya sintaks dan program yang harus di inputkan setiap kali mengoperasikan perintah tertentu seperti membuat folder atau menghapus data, sedangkan untuk mereka yang sudah terbiasa menggunakan windows yang berbasis dekstop, segala instruksi hanya membutuhkan ketukan mouse untuk dijalankan

Pengertian Sistem Operasi

Dirangkum dari berbagai sumber mengenai pengertian Sistem Operasi (OS) adalah sebuah perangkat lunak yang fungsinya sendiri untuk mengatur sumber daya dari perangkat keras serta menjembatani hubungan antara software dengan hardware agar keduanya dapat berjalan beriringan

Bilamana sebuah perangkat tidak dilengkapi sistem operasi, maka program apapun tidak bisa di install dan mungkin perangkat anda hanya menampilkan layar gelap dengan tulisan ” No Operating System Not Found“.

Keberadaan Sistem Operasi ini sangat penting untuk menunjang kinerja dari satu kesatuan komponen perangkat lunak dan perangkat keras. Tanpa OS, Anda hanya bisa melewati sistem booting saja.

Perlu untuk anda ketahui juga bahwa Sistem Operasi bekerja secara aritmatik dengan melakukan perhitungan biner dalam pemrosesan data, penyimpanan data dan menghubungkan sumber daya lainnya.

Bagian-Bagian Penting dari Sistem Operasi

Berikut ini adalah bagian-bagian penting yang harus ada di dalam komponen sistem operasi :

•  Kernel, Ini adalah inti dari sistem operasi yang anda pakai.

• Command Interpreter / Shell, memiliki tugas penting dalam membaca input data dari pengguna

• Pustaka, adalah kumpulan program dasar yang memiliki fungsi standar dan dapat di panggil oleh aplikasi lainnya

• Driver, memiliki fungsi penting dalam menjalankan interaksi hardware eksternal dan mengontrolnya

• Boot, istilah yang dipakai dalam bahasa pemprograman untuk meletakkan Kernel di dalam memori

Umumnya Sistem Operasi adalah perangkat lunak yang selalu ditempatkan pertama kali pada memori komputer pada saat proses booting dinyalakan. Sedangkan softwere lain yang ada di dalam komputer baru akan berjalan setelah sistem operasi berjalan terlebih dahulu.

Beberapa tugas penting dari sistem operasi tidak terbatas pada tugas schedule task, antar muka GUI/CLI, manajemen memori dan akses ke dalam disk.

Berikut adalah Contoh Sistem Operasi berbasis dekstop komputer yang tengah populer :

1. Sistem Operasi MS DOS

Sistem operasi pertama ini adalah yang tertua dari sistem operasi lainnya dan sudah jarang sekali digunakan. Bisa dikatakan kalau Ms DOS  ini adalah nenek moyang dari semua sistem operasi komputer yang pernah ada.

 Sistem Operasi MS DOS

DOS sendiri memiliki kepanjangan dari Disk Operating System yang menjadi cikal bakal lahirnya sistem operasi yang dipakai pada komputer dan  Laptop dimasa kini

Uniknya, sistem operasi ini tidak menggunakan antar-muka, artinya tidak ada menu maupun icon tertentu di dalamnya dan terbatas hanya pada kotak hitam atau dikenal sebagai Command Prompt.

Lebih simpelnya, tampilan dari MS DOS ini hanya berupa warna dasar hitam putih. Tidak berhenti disitu saja, Microsoft selalu mengembangkan dan memperbaharui sistem operasi lebih dari 8 kali versi.

Hingga pada tahun 2000 lalu, produksi dan pengembangan MS DOS  dihentikan. Coba anda lihat beberapa kelebihan dan kekurangan dari Ms DOS sebagai OS Komputer pertama kali.

Kelebihan MS DOS

– Memiliki ukuran yang terbilang kecil

– Ringan dalam penggunaan memory

– Kompatibel dengan beberapa perangkat tertentu saja

Kekurangan MS DOS

– Tidak memiliki grafis/icon/antar-muka, yang mana adalah generasi awal sehingga berisi inputan DOS dan kode program saja.

2. Sistem Operasi Windows

Pembaharuan dan perkembangan Sistem Operasi DOS ini membuahkan hasil akhir yaitu munculnya Sistem Operasi berbasis grafis Windows. Pada awal kemunculannya, tampilan antar-muka telah dipasang pada komputer IBM dan menjadikan OS Windows ini sebagai OS yang paling banyak dipakai diseluruh dunia.

 Sistem Operasi Windows

Tidak heran kalau hal ini menjadi tonggak awal sejarah kesuksesan Perusahaan Microsoft hingga detik ini. Perkembangan sistem operasi windows dari tahun ke tahun selalu memunculkan OS dengan versi yang lebih baru dan dilengkapi fitur yang lebih canggih dan praktis.

Berikut ini adalah perkembangan Versi Windows dari tahun ke tahun yang mungkin anda merasa penasaran untuk mengetahuinya.

– Windows 1.0 ( Rilis tahun 1983)

– Windows 2.0 (Rilis tahun 1987)

– Windows 3.0 (Rilis tahun 1990)

– Windows 3.1 (Rilis tahun 1992)

– Windows 95

– Windows 98

– Windows Milenium Edition (Rilis tahun 2000)

– Windows NT 3.1 (Rilis tahun 1993)

– Windows NT 3.5 (Rilis tahun 1994)

– Windows 2000 /Windows NT 5.0

– Windows XP (Rilis tahun 2001)

– Windows Vista (Rilis tahun 2006)

– Windows 7 (Rilis tahun 2009)

– Windows 8 (Rilis tahun 2012)

– Windows 8.1 (Rilis tahun 2013)

– Windows 10 (Rilis tahun 2015)

Kelebihan Sistem Operasi Windows

– Perkembangan teknologi yang sangat pesat dan hadirnya pembaharuan secara berkala

– Hampir semua laptop dan komputer diseluruh dunia menggunakan sistem operasi ini, sehingga para produsen software membuat produk yang kompatibel dengan windows

– Support dengan penggunaan Driver

– Proses instalasi yang lebih mudah, kami yakin sebagian besar dari anda bisa melakukan Install Ulang Windows sendiri di rumah

– Penggunaan yang lebih nyaman, mudah dan praktis untuk bekerja

Kekurangan OS WINDOWS

– Lemah / rentan terhadap serangan virus ( Trojan dan Malware )

– Tidak memiliki software bawaan yang penting untuk menunjang pekerjaan dan aktivitas lainnya, sehingga pengguna harus menginstall software dari pihak ke tiga misal untuk memutar video format .MP4 tidak akan bisa dilakukan dengan pemutar video bawaan windows

– Mudah diretas karena sistem keamanan dari OS WINDOWS penuh dengan celah

– Harus membeli Lisensi resmi karena windows bukan OS gratisan

– Terdapat Driver bawaan Ilegal, sehingga menyebabkan beberapa hardware yang terpasang malah tidak berfungsi

3. Sistem Operasi Mac OS

Salah satu pesaing Windows adalah produk dari Apple yang tidak lain MAC OS.

Sistem Operasi Mac OS

MAC OS sendiri kepanjangan dari Macintosh Operating System, menurut penciptanya, ini adalah OS eklusif yang hanya bisa anda dapatkan ketika membeli komputer Apple saja. OS yang satu ini muncul di tahun 1984 dan pertama kali digunakan pada komputer USA dan merupakan perkembangan dasar dari Sistem Operasi yang sudah dikenal banyak orang yaitu Linux.

Salah satu hal yang cukup menarik dari MAC OS adalah sudah mengadopsi antar-muka GUI sejak pertama kali rilis dan barulah beberapa tahun kemudian ditiru oleh Microsoft. Pembaharuan demi pembaharuan melahirkan MAC OS yang saat ini kita kenal dengan nama MAC OS X yang rilis pada tahun 2001 dan diperbaharui secara terus menerus hingga tahun 2014.

Sementara perkembangan versi MAC OS dari tahun ke tahun ( MAC OS System 1 – 2 – 3 – 4 – 5 – 6 – 7 ( 1984 – 1991 ), Mac OS 8 – 9 ( 1997 – 1999 ), Mac OS X ( 2001 – 2014 ).

Kelebihan dari Mac OS

– Tingkat keamanan yang diberikan lebih tinggi dan sulit untuk terinfeksi virus maupun program jahat lainnya, oleh karena itu Produk dari Apple selalu dibanderol dengan harga selangit

– Tampilan antarmuka yang bagus dan modern

– Penggunaan UNIX membuat sistem yang berjalan di  Mac OS lebih stabil

Kekurangan Mac OS

– Harganya lumayan mahal

– Tidak bagus atau kurang cocok untuk bermain games

– Tidak banyak software di dalam Mac OS

– Mac OS tidak bisa dirakit, ini merupakan peraturan dari Apple sebagai penyedia OS. Tidak ada lisensi lain untuk hardware yang menggunakan Mac OS.

4. Sistem Operasi Linux

Berikutnya, salah satu sistem operasi yang terkenal di kalangan programmer adalah Linux.

Sistem Operasi Linux

Linux merupakan OS Open Source paling populer dan disukai oleh kalangan IT karena bisa melatih logika dan membiasakan diri ngoding

Meskipun tidak se-populer OS WINDOWS dan MAC OS, namun Linux tetap diminati bahkan siapapun bebas untuk mengembangkannya.

Berikut ini contoh beberapa jenis Linux yang pernah dirilis dari tahun ke tahun.

– Linux Red Hat

– Linux Debian

– Linux Mandrake

– Linux SusE

– Linux Slackware

– Linux WinLinx

– Ubuntu : Sabily, Kubuntu, Xubuntu, Edubuntu, GoBuntu dan Gnewsense.

– Linux OpenSusE

– Linux Fedora

– Linux BackTrack

– Linux Mandriva

– Linux PCLinuxOS

– Linux Knoppix

– Linux CenTos

– Linux Sabayon

– Linux Xandros

– Linux Chrome OS

– Linux Gentoo

Kelebihan  Sistem Operasi Linux

– Perkembangan dan pembaharuanya terkesan lebih cepat karena setiap orang bebas berimprovisasi

– Beberapa aplikasi yang dipakai di Windows  ( juga Kompatible di Linux )

– Open Source, tidak dikenakan biaya licensi dalam pengembangan dan penggunannya

Kekurangan Sistem Operasi Linux

– Proses instalisasi OS  ini terbilang susah, untuk orang awam akan sulit untuk melakukannya tanpa panduan lengkap

– Tidak semua Hardware support dengan OS Linux

5. Sistem Operasi Garuda OS

Salah satu sistem operasi yang dikembangkan oleh anak bangsa dan merupakan salah satu OS Open Source yang dibuat sesuai dengan SNI ( Standar Nasional Indonesia ).

Namun sayangnya, OS yang satu ini belum terlalu terkenal di kalangan masyarakat, oleh karena itu kami juga membatasi jumlah informasinya.

Sementara untuk kelebihan dan kekurangan dari OS ini memang masih dalam tahap uji coba dan menunggu feedback dari beberapa pengguna, hanya saja kami merasa cukup bangga mengetahui  potensi anak bangsa yang ternyata cukup berbakat dalam bidang teknologi

6. Sistem Operasi Blank ON

Hampir mirip dengan OS Garuda, ini adalah sistem operasi buatan anak bangsa yang menggunakan kernel Linux. Penggunaan OS ini digalakkan dalam bidang pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

Meskipun ada beberapa feedback kekurangan dari penggunaan OS Blank ON seperti tidak stabil, terbilang cukup lambat, kurang terkenal sehingga tidak dipercaya dan belum banyak software yang kompatibel.

Hanya saja untuk mendukung kinerja sehari-hari atau sekedar belajar dirasa sudah cukup, cocok bagi anda yang mencintai produk dalam negeri dan merasa bangga menggunakannya

7. Sistem Operasi Amiga

Berikutnya sistem operasi komputer yang cukup banyak dipakai adalah Amiga dan merupakan sistem operasi khusus untuk Laptop merek Amiga. Dikenalkan pertama kali di tahun 1985 oleh Perusahaan Commodore International, sistem operasi ini berjalan pada seri Motorola 68 K dengan processor 1 dan 32 Bit.

Kelebihan dari OS yg satu ini adalah memiliki tampilan antarmuka yang modern dan meskipun begitu, masih tidak sepopuler seperti windows dan mac, bahkan andapun merasa asing mendengar namanya

8. Sitem Operasi Unix

Namanya hampir mirip dengan Linux apalagi akhirnya juga sama yaitu X. Dibuat oleh perusahaan AT&T, General Electric dan MIT pada tahun 1965 yang dikembangkan untuk DARPA.

Merupakan OS Baku yang biasa dipakai pada beberapa jenis komputer termasuk komputer mini. Juga ke dalam sistem operasi jaringan, karena bisa di install kedalam server sendiri.

Beberapa contoh OS Unix yang sudah rilis, diantaranya adalah “ A/UX, Domain/X, Darwin, CTIX, UniCOs, CLIX, DVIX, Dyix, SCO, Coherent, Tru64 dan masih banyak lagi yang lainya

Kelebihan Sistem Operasi UNIX

– Merupakan sistem operasi gratis yang bisa dipakai oleh siapa saja

– Tidak mudah terinfeksi virus atau dikatakan mustahil karena penggunanya sangat sedikit

– Multitasking untuk menjalankan beberapa program tertentu

– Bisa dipakai untuk banyak pengguna karena sudah mendukung multiuser

– Memiliki profitabilitas

Kekurangan Sistem Operasi UNIX

– Tampilannya kurang menarik, jadi jarang diminati

– Lumayan susah kalau dipakai oleh seorang pemula

– Tidak banyak driver untuk UNIX

– Memerlukan penyimpanan memory yang besar

Nah, itulah beberapa contoh dari sistem operasi komputer yang ada didunia dan dapat kami jelaskan. Beberapa OS lainnya yang bisa anda coba ( Sistem operasi Google Chrome, Sistem Operasi Be Os, dan Sun Solaris OS ).

Baca juga: Sistem operasi populer dikalangan hacker

Macam-macam Sistem Operasi Berdasarkan dari Bentuknya

1. Sistem operasi Stand Alone : Dapat digunakan untuk single user maupun multiuser dan memiliki fitur tertentu seperti Windows, OS Mac, dan linux

2. Sistem operasi jaringan : Khusus untuk menangani jaringan dan memudahkan pengguna berbagi berkas, mencetak dokumen bersama, DNS service , HTTP service

3. Sistem operasi Embedded : Sistem operasi tertanam yang ada di dalam komputer untuk melaksanakan fungsi tertentu yang spesifik dan tidak bisa berdiri sendiri

4. Sistem Operasi LIVE CD : Bisa dijalankan langsung dari CD tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, kapasitasnya yang ringan karena seukuran dengan CD namun dengan fitur yang sangat terbatas

Sekian informasi dari kami mengenai pengertian dan contoh dari sistem operasi komputer , semoga infomasi ini bermanfaat khususnya bagi pembaca.  Terimakasih.

….helmykediri.com

No Comments

Leave a Comment