K A N G A M E T

Loading

pengertian proxy dan fungsinya-proxy adalah sebuah layanan  server yang meneruskan setiap permintaan user kepada server lain yang terdapat di internet. Atau definisi proxy server yang lainnya yaitu merupakan suatu server atau program komputer yang mempunyai sebuah  peran sebagai penghubung antara suatu komputer dengan internet.

Cara kerja proxy

setiap komputer pasti yang menggunakan internet memerlukan alamat ip atau address. cara kerja proxy sangatlah sederhana, saat user menggunakan suatu layanan proxy dan proxy akan meneruskan pemintaaan user. server proxy akan mengubah ip address anda sehingga web tidak akna tahu dimana keberadaan anda

karena proxy akan menyembukin identitas anda, sehingga data-data anda tidak dapat di baca oleh website  tersebut karena anda bersifat “anomim” (tidak memiliki identitas pribadi) server proxy juga dapat memblokir akses ke halaman tertentu, berdasarkan alamat ip address

Manfaat menggukan  proxy

Meningkatkan Keamanan (Filtering) Proxy server tentu  dapat meningkatkan keamanan pengguna saat berselancar di internet. Dengan menggunakan proxy server yang sudah terenkripsi, maka pengguna dijamin akan lebih aman saat sedang bertukar data di internet.

Connecting Sharing Proxy memiliki fungsi untuk menghubungkan (connecting) dan juga berbagi (sharing). Artinya, dengan menggunkana proxy, maka sebuah alamat IP komputer pengguna bisa terhubung dengan alamat IP lainnya, yang juga dapat menjadi perantara untuk berbagi data antar dua alamat IP. Dalam fungsi connecting sharing, sebuah proxy bisa kita jadikan sebuah gerbang yang membatasi jaringan lokal dan jaringan luar. Dengan fungsi connection sharing, komputer anda akan sangat mungkin untuk terhubung dari jaringan lokal ke jaringan internet dengan menggunakan sambungan gerbang tersebut.

Keamanan yang lebih baikproxy  dapat menjaga keamanan. Anda bisa mengkonfigurasi pada server proxy anda untuk mengenksripsi permintaan website anda agar tidak ada yang membaca yang dapat transaksi anda. Anda juga bisa mencegah situs malware yang mengakses apapun.

Meningkatkan Kecepatan Internet (Caching) Caching artinya proses untuk sebuah proxy menyimpan data yang sudah pernah di buka oleh pengguna saat browsing di internet. jadi pada saat anda meminta data dari website yang pernah anda kunjungi mereka hanya mengambil dari simpanan mereka Jadi, jikalau ada ribuan orang mengakses website yang sama dengan yang pernah Anda akses, proxy hanya pelru mengirim satu permintaan ke website tersebut.

Risiko menggunakan proxy

Tidak semua layanan free proxy itu aman. Siapasih orang yang tidak mau menggunakan layanan gratis? Tetapi untuk layanan proxy, tidak semua layanan yang ada di proxy gratis itu aman. Kebanyakan layanan proxy gratis tidak memiliki enkripsi atau backend hardware yang cukup aman. Kinerjanya mungkin tidak akan sebagus layanan berbayar dan layanan proxy yang tidak dienskripsi mungkin juga memiliki isu keamanan. Jika Anda menemukan layanan proxy yang benar-benar gratis, ingatlah untuk tetap hati-hati dalam menggunakannya.

Log sejarah browsing (browsing history). Proxy yang anda gunakan memiiki IP address original dan informasi request Anda. Coba anda cek apakah proxy Anda me-log dan menyimpan semua data Anda. Lalu kenali juga terms and conditionsnya. Apakah data yang Anda punya benar-benar aman. Jika anda ingin menggunakan proxy ingin melindungi data padahal layanan yang anda lakukan menjual data anda ke pihak ketiga tentu anda tidak mendapatkan privacy sesuai keinginan anda.

Ada proxy yang tidak dienskripsi. Seperti yang sudah saya sebutkan di pragraf sebelumnya, ada proxy yang tidak dienskripsi. Memang apasih artinya kalau tidak dienskripsi? jika tidak dienskripsi, berarti anda mengirim request anda dalam bentuk plain text. Jadinya semua orang bisa melihat username, password, dan informasi akun Anda dan data-data yang lainnya dengan mudah. anda harus memastikan bahwa layanan proxy yang sedang Anda gunakan sudah dienskripsi.

Kesimpulan : Anda bisa menggunakan proxy agar dapat menjaga data-data pribadi Anda serta keamanan selama browsing internet. Tetapi, terlebih dahulu anda  harus memastikan apakah layanan proxy yang sedang anda gunakan aman dan tidak menyalah gunakan data-data pribadi anda.

baca juga : bagi anda yang suka traveling silahkan mampir ke situs visitgoid disini anda akan mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan masih banyak lagi silahkan klikDISINI

sekian dari saya pengertian proxy dan fungsinya semoga bermanfaat dan dapat membantu di akhir postingan saya mengucapkan Terimakasih…..

No Comments

Leave a Comment