fbpx
K A N G A M E T

Loading

menjadi seorang Youtuber ternyata bisa di gaji besar tanpa harus kerja kantoran?-itulah pertanyaan yang paling sering di tanyakan oleh orang-orang yang ingin menjajal dunia Youtube dan ingin menghasilkan uang dari youtube.

belakangan ini sedang santer banyak orang yang ingin menjadi seorang Youtuber dengan berbagai tujuan  yang mereka punya entah itu ingin menjadi orang terkenal atau hanya sekedar berbagi dan hobby, Namun seorang youtuber di kaitkan dengan memiliki penghasilan tetapi banyak orang tidak mengetahauinya.

Ada banyak orang di luar sana tertarik terjun untuk menjadi seorang youtuber tetapi mereka ragu apakah benar menjadi seorang yotuber bisa mendapatkan penghasilan. lantas dari mana saja penghasilan seorang Youtuber?

Youtube Ads (adsense)

ada dua cara adsense membayar kita yaitu CPM dan CPC

CPM atau Cost per Mille adalah sebuah bayaran per 1000 tayangan iklan. CPM youtuber asal Indonesia biasanya berkisar di 6500 – 7500 rupiah per 1000 tayangan. CPC atau Cost per Click adalah bayaran per klik iklan, juga bervariasi namun biasanya berkisar di 5000 – 12.000 rupiah per klik iklan.

Perlu untuk diketahui juga bahwa rata-rata CTR (Click Through Rate) iklan youtube hanya 0,3%. Ini berarti dari 1000 tayangan, anda hanya bisa mendapat 3 klik. Semua perhitungan diatas sangat tergantung banyak hal, salah satunya tema video.ini saya buat menggunakan kata ‘biasanya‘ dengan pertimbangan  kebanyakan youtuber Indonesia hanya membahas seputar gaming, reviuw, makanan, gadget, dan gaya hidup. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena kebanyakan Youtuber besar tidak mengandalkan penghasilan dari sini.

Affiliate Marketing

jika kita terbiasa mendapatkan penghasilan bulanan sebagai seorang karyawan mungkin merasa asing dengan istilah afiliasi. Namun bagi para selebriti, selebgram, dan artis-artis media sosial lainnya, afiliasi merupakan salah satu sumber penghasilan yang cukup besar bagi mereka. Afiliasi dapata kita katakan sistem marketing dimana anda akan mendapatkan komisi untuk setiap produk yang terjual. Dalam hal ini melalui channel youtube.

Untuk setiap produk yang terjual, anda akan dapat komisi yang memiliki berkisar antara 2% untuk perangkat elektronik, sampai 10% untuk produk fashion. Misal anda punya channel youtube tentang pakian, lalu anda memasang link di deskripsi video. Kalau ada satu pengunjung yang klik link tersebut, lalu beli pakaian tersebut seharga 50ribu, maka anda akan mendapat komisi sebesar 5ribu rupiah (komisi 10%).

Berjualan

Mungkin Anda merasa aneh dengan cara yang satu ini, karena berjualan bagi seorang Youtuber bukanlah sebuah keharusan tetapi jika ingin mendapatkan pengasilan dengan berjualan, berjualan di Youtube adalah sebuah keharusan. bisa kita bayangkan pada saat kita berjualan online dan banyak orang membeli produk kita, maka akan mendapatkan penghasilan berlipat dari pada harus membuka sebuah Store yang harus memiliki ijin usaha, pemilihan lokasi, menyewa gedung dan masih banyak lagi. mungkin dapat kita bayangkan perbedaannya berjualan di Youtube tanpa harus mengeluarkan biaya dengan hanya membuat sebuah video pendek tentang reviuw produk yang kita jual.

Itulah tentang Youtube yang dapat saya bagikan kepada Anda Apakah masih ragu untuk menjadi seorang Youtuber? semoga postingan ini dapat memberikan Anda pencerahan Terimakasih……

No Comments

Leave a Comment