K A N G A M E T

Loading

manfaat internet bagi dunia pendidikan -Internet pada saat ini merupakan sebuah kebutuhan untuk para pelaku bisnis, perusahaan, perorangan, pemerintah, dan lain sebagainya. kebutuhan akan internet saat ini semakin hari semakin meningkat. sebenarnya apa sih yang di maksud dengan internet dan apa gunanya internet bagi dunia pendidikan? melalui artikel ini saya akan membahas apa-apa saja kegunaan internet bagi dunia pendidikan.

Interconnection-networking atau Internet merupakan adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung yang meggunakan standar sistem global untuk melayani pengunanya yang ada di seluruh dunia mengguankan sistem global transmission control protocol/internet protocol (TCP/IP). Jaringan komputer internet pertama kali dibentuk yaitu di tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui proyek yang disebut Advanced Research Project Agency Network (ARPANET).

Setelah itu internet diperkenalkan secara umum pada tahun 1972, ARPANET kemudian mejadi proyek yang berkembang sangat pesat diseluruh daerah hingga membuat semua universitas di negara tersebut ingin bergabung dengan intenet. Dikarenakan mereka kewalahan dalam menghadapi permintaan, ARPANET kemudian dipecah menjadi dua menjadi “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” untuk yang lebih kecil bertugas melayani keperluan non militer. Nah, gabungan antara MILNET dan ARPANET disebut dengan DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi internet.

Saat ini, sangat penting untuk mengakses internet karena sangat banyak fungsinya di dalam mulai dari pekerjaan, pendidikan, bisnis, hiburan, media komunikasi dan masih banyak lagi dengan menggukan media internet.

Di bagian pendidikan internet sudah sangat banyak di gunakan sejak beberapa tahun belakangan dan sekarang penggunaan internet di dunia pendidikan sekarang semakin meningkat berikut ini adalah bebepa manfaat internet untuk pendidikan :

1. Kemudahan untuk mencari informasi

Saat ini untuk mencari informasi merupakan sebuah hal yang sangat mudah bisa dengan menggunakan smartphone anda dengan syarat terhubung ke internet, semua orang bisa mendapatkan informasi yang mereka inginkan juga bisa materi untuk pembejaran sekolah.

2. Sarana mempermudah pencarian referensi

Selain sebagai sarana untuk mencari informasi, internet juga akan mempermudah pengguna untuk pencarian literatur. Hanya dengan cara mengetikkan kata kunci sesuai yang Anda inginkan, maka informasi yang terkait dengan kata kunci tersebut akan langung tersedia di internet.

3.Menghemat waktu dan biaya untuk merekrut pegawai baru

Sekarang Anda tidak perlu lagi untuk memasang iklan lowongan pekerjaan di media cetak. Selain lebih efisien, hal ini akan lebih menghemat biaya karena Anda tidak perlu membayar jasa iklan. Para pencari kerja pun akan dengan mudah untuk mencari lowongan yang diinginkan dengan bermodalkan akses internet.

4. Menyediakan fasilitas multimedia

Internet memiliki sebuah kelebihan jika dibandingkan dengan buku. Untuk memperoleh informasi dari internet, orang dapat membaca, mendengarkan lagu, menonton video dari internet. Selain itu, dengan fasilitas multimedia yang ada di internet ini dapat membantu memudahkan pengguna untuk lebih memahami infromasi karena adanya tambahan contohnya, gambar, animasi,video dan lainnya.

5.Membuat siswa lebih mengenal kemajuan teknologi

Internet adalah sebuah bukti kemajuan yang luar biasa dari peradaban manusia. Manfaat internet bagi dunia pendidikan adalah melalui internet siswa akan menjadi lebih mengenal kemajuan teknologi sehingga mereka tidak  gagap teknologi. Internet dapat membuat siswa memiliki imajinasi yang tinggi dan daya cipta sehingga bisa membuat siswa untuk menjadi pribadi yang memiliki ambisi untuk melakukan sesuatu hal besar memanfaatkan dengan teknologi internet. Namun jika para peserta didik tidak menggunakannya dengan bijak dan kurang mendapatkan bimbingan dari orang guru maupun orang tua justru akan meberikan sebuah efek yang negatif bagi siswa.

6.Sarana untuk mencari beasiswaSiswa

Bagi berprestasi tetapi kurang mampu dalam segi ekonomi untuk melanjutkan pendidikan akan sangat terbantu dengan keberadaan internet pasalnya melalui internet siswa yang kurang mampu maupun siswa yang memiliki bakat  dalam sebuah bidang tertentu dapat mencari informasi tentang beasiswa agar bisa melanjutkan kuliah. Seperti yang kita ketahui pada saat ini ada begitu banyak jenis beasiswa yang disediakan oleh pemerintah maupun lembaga swasta yang dapat diketahui melalui internet, jadi tidak akan ada batasan lagi antara anak yang berada di kota maupun anak yang ada di ujung negeri sehingga semuanya memiliki peluang yang sama untuk mendapatkan beasiswa agar bisa melanjutkan kuliah.

7. Sarana berkomunikasi dan berinteraksi

Pada saat ini tersedia begitu banyak media komunikasi yang tersedia di internet seperti Facebook, Twitter, Instagram, WhatsApp dan masih banyak lagi yang dapat anda jadikan sebagai forum untuk belajar berkomunikasi dan berinteraksi. Melalui media sosial saat ini siswa bisa mendapatkan lebih banyak teman serta informasi formasi yang sangat bermanfaat. Selain itu teman yang akan diajak berkomunikasi tidak terbatas oleh tempat misalnya orang yang berada kota atau negara bisa mengobrol dan berkomunikasi hal tersebut sangat berbeda dengan komunikasi didalam dunia nyata yang terbatas oleh ruang dan tempat.

8.Mendorong kreatifitas dan kemandirian

Infromasi yang didapatkan melalui internet dapat memberikan seseorang sebuah inspirasi untuk lebih mengembangkan kreatifiasnya untuk berkarya. Internet juga bisa mendorong serta memberi motivasi para siswa maupun dengan mahasiswa dalam hal mengembangkan intelektual dalam mengembangkan sebuah penelitian dan ilmu pengetahuan baik secara teoritis maupun terapan. Selain itu, orang yang lihai dalam menggunakan internet akan terlihat lebih mandiri dalam mencari infromasi yang dibutuhkannya.

9.Sarana untuk menyimpan informasi

Internet juga bisa menjadi sebuah data base yang digunakan untuk menyimpan data-data penting di  dalam dunia pendidikan, data disimpan seperti di Google Drive, Google dokumen, Onedrive, DrobBox, Jumpshare, Mediafire dan banyak lagi media-media penyimpanan online bisa di gunakan secara gratis tanpa harus mengeluarkan biaya. Data dan informasi juga bisa Anda simpan dalam sebuah website sehingga bisa menjadi sebuah referensi bagi orang lain yang sedang mencarinya.

10.Memudahkan pendataan siswa secara nasional

Pemberlakuan nisn, nuptk, PIN (penomoran ijazah Nasional) akan sangat sulit untukterealisasi tanpa kehadiran internet. Dengan adanya internet sistem data pendidikan nasional bisa dikelola melalui satu database yang terpadu sehingga membuatnya menjadi lebih praktis dan memudahkan stackholder dalam dunia pendidikan.

12. Sebagai Media Promosi untuk mencari calon siswa/mahasiswa

Pada saat websie tentunya memiliki daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya. Pastinya content-content yang ada di web sudah didesain dengan sedemikian rupa agar tampak lebih menarik dan akan mudah untuk dibaca serta dipahami. Hal ini tentu akan lebih menarik minat bagi calon siswa/mahasiswanya. maka dari itu desainlah website dengan sedemikian rupa dan memiliki tampilan yang menarik dan responsif.

Baca juga :bagi anda yang suka traveling silahkan mampir ke situs visitgoid disini anda akan mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan masih banyak lagi silahkan klikDISINI

Demikianlah artikel yang bisa saya bagikan tentang 12 manfaat bagi dunia pendidikan sebenarnya masih banyak lagi manfaat internet bagi dunia pendidikan namun saya hanya bisa membagikan 12 manfaat tersebut semoga bermanfaat dan membantu Terimakasih….

No Comments

Leave a Comment