K A N G A M E T

Loading

Manfaat dan Funsi VPN untuk media sosial Aman atau bahaya-Virtual private Network atau yang lebih dikenal dengan singkatan VPN yang di gunakan untuk menghubungkan satu jaringan dengan yang lain secara private melalui internet publik.

Sebenarnya dengan menggunakan VPN pertukaran data lebih aman karena di enkripsi. tetapi yang menjadi pertanyaan adalah apakah VPN aman bagi media sosial? jawabannya adalah tergantung dari aplikasi atau situs yang di gunakan.

Apakah itu vpn?

VPN (Virtual Private Network) adalah merupakan suatu layanan koneksi yang memberikan  akses ke berbag website secara aman dan pribadi (private) dengan mengubah jalur koneksi melalui server dan menyembunyikan pertukaran data yang sedang  terjadi.

Sederhananya, VPN mengkoneksikan smartphone, laptop,table, atau komputer ke yang lain (biasa disebut dengan VPN Server) di suatu tempat yang terhubung dengan internet, dan mengizinkan Anda untuk menjelajah internet menggunakan jaringan internet komputer. Jadi jika komputer (server) di negara yang berbeda, itu akan menjadi negara yang Anda gunakan ketika internet mencoba mengenai Anda melalui koneksi tersebut dan Anda dapat mengakses sesuatu yang tidak bisa Anda akses dari negara Anda.

Cara kerja VPN

setalah kita mengetahui apa itu VPN dan fungsi dari VPN cara kerja dari dari VPN juga perlu untuk di ketahui. Cara kerja VPN sederhananya adalah untuk melakukan enkripsi pertukaran data bahkan sebelum koneksi publik di tempat kopi atau warung internet membacanya. Ketika terhubung dengan internet saat menggunakan koneksi VPN Anda seperti mengakses internet dengan menggunakan lorong khusus, tidak menggunakan jaringan utama.

Server VPN bertugas untuk meneruskan koneksi Anda ke situs yang akan Anda akses. Jadi pada saat koneksi yang dilakukan maka akan dikenali sebagai koneksi dari jaringan server VPN bukan jaringan yang digunakan pada saat itu.

Jadi ketika jaringan tanpa menggukan VPN maka koneksi yang dilakukan secara langsung (direct) tanpa enkripsi. Sedangkan pada saat menggunakan VPN, maka koneksi yang dilakukan terenkripsi dan dilewatkan terlebih dahulu melalui VPN server.

Apa Manfaat VPN?

manfaat dari VPN secara umum yaitu menjaga privasi dari seseorang karena mampu menyembunyikan koneksi saat berselancar di internet. Hal ini bisa di lakukan karena nomor IP juga akan di samarkan. maka orang tidak akan tahu dari mana lokasi yang sebenarnya pengguna selain itu VPN juga menjaga kerahasian dan keamanan data dari serangan para peretas.

kekurangan dari VPN

walau VPN memilki banyak kelebihan pastinya memilki kekurangan salah satu adalah koneksi terkadang akan lebih lambat, koneksi tidak stabil, konfigurasi manual cukup rumit, dan adanya batasan penggunaan.

apakah aman menggunakan VPN bagi sosial media?

menurut saya VPN membuat koneksi Anda sangat aman pada saat Anda berselancar di dunia maya, akan  tetapi itu semua tergantung dari protokol yang anda gunakan untuk melakukan koneksi.

itulah tentang manfaat dan fungsi VPN yang bisa saya bagikan kepada Anda, tetapi sebelum Anda menggukan VPN perhatikan terlebih dahulu reputasi dari VPN tersebut hindari penggunaan VPN yang memiliki reputasi yang buruk atau belum di kenal. semoga bermanfaat Terimakasih…

No Comments

Leave a Comment