K A N G A M E T

Loading

Dua DUA KATEGORI SEO YANG PALING PENTING UNTUK TAHUN 2019

Dua Faktor SEO Terpenting tahun 2017

Selamat Datang di Blog ini kali ini share mengenai 2 faktor krusial yang sangat mensugesti SEO buat tahun 2017 menurut kabar terkini yang disampaikan oleh Andrey Lipattsev (Search Quality Senior Strategist at Google) . Biar bagaimana pun blog yang menerapkan optimasi SEO didalamnya baik offpage jua onpage akan lebih gampang ditampilkan dalam mesin pencari blogger khususnya buat blog baru .

Kabar modern dari google mengenai Faktor seo yang paling penting 2017

Seperti yg kita ketahui bahwa ada dikenal istilah 200 google ranking faktor, itu merupakan faktor-faktor apa saja untuk memilih pantas tidaknya konten blog kita buat menerima posisi terbaik di SERP Google.

Kabar tentang seo yang disampaikan oleh Andrey Lipattsev (Search Quality Senior Strategist at Google) menyatakan bahwa di tahun 2017 dari 200+ google ranking faktor ada 2 kategori yang paling mendominasi untuk menentukan peringkat blog di SERP Google.

Kategori #1

Link

Nah ternyata jumlah backlink yang mengarah ke suatu blog adalah faktor yang sangat penting untuk mendapatkan posisi terbaik di SERP Google. Maka dari itu kita harus selalu berusaha membangun backlink secara berkala.

Pengaruh link terhadap posisi konten pada SERP sangat dipengaruhi oleh beberapa berikut ini:

a.  Jumlah backlink

Semakin banyak jumlah backlink maka itu akan semakin baik.

Baca juga : Daftar backlink situs blog directory

b. Anchor text yang digunakan pada backlink tersebut

Gunakan anchor text yang bervariasi namun relevan sehingga terlihat natural. Anchor text yang bervariasi artinya tidak membuat anchor text menggunakan keyword yang di target tapi menggunakan anchor text yang masih memiliki relevansi dengan keyword utama.

c. Otoritas situs dari sumber backlink

Otoritas adalah kepercayaan situs sumber backlink di mata search engine, situs yang mempunyai reputasi baik (bukan situs yang dianggap negatif), maka bisa dipastikan backlink yang didapat merupakan backlink yang berkualitas dan benar-benar memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan posisi konten pada SERP

Baca juga : Mendapatkan backlink dari wikipedia PR8

Kategori #2

Google sudah resmi memasukan User CTR dan user Experince (UX faktor) pada algoritma terbarunya

Google enginer, Paul Haahr menyatakan bahwa saat ini google telah memasukan google ranking faktor baru menjadi bagian dari 200+ google ranking faktor yang paling mendominasi dan paling berpengaruh untuk menentukan kelayakan suatu konten muncul di posisi terbaik pada SERP teratas, dua faktor tersebut yaitu User CTR dan User Experince (UX).

Apa itu User CTR?

User CTR adalah User (Click Trought Rate),  merupakan nilai persentase seberapa banyak visitors melakukan klik pada judul konten blog kita ketika mereka menemukan konten blog kita di hasil pencarian google. Semakin besar persentase nilai ctr judul konten blog, itu artinya judul konten yang disajikan sangat berkualitas.

Dua Faktor SEO Terpenting tahun 2017

Untuk melihat nilai CTR konten blog kita, caranya masuk ke google search console atau google webmaster tool blog kita, lalu menuju menu lalulintas penelusuran > Telusuri Analitic, terlihat seperti gambar dibawah ini:

Dua Faktor SEO Terpenting tahun 2017

Nantinya kita bisa melihat data queri penelusuran untuk blog tersebut dan akan terlihat informasi keyword yang digunakan oleh pengguna search engine untuk menemukan konten blog kita. Ada banyak sekali informasi terkait konten blog kita dan juga informasi jumlah klik, jumlah tayang dan persentase RKT artikel blog kita yang ditemukan jika persentase RKT itu nilainya tinggi itu lebih baik.

Tahukah anda ???

Ketika blog kita memiliki konten berkualitas dan dianggap pantas untuk muncul di posisi pertama pada hasil pencarian, Google sebenarnya melakukan A/B test pada konten kita yang berhasil muncul pada hasil pencarian search engine.

Saat Google menjalankan tes pada konten kita, maka pada satu saat konten kita akan muncul di halaman pertama dan mungkin di posisi pertama atau kedua. Saat konten tersebut muncul di posisi pertama namun tak ada pengguna yang mengklik judul konten blog kita, maka konten kita akan dianggap kurang baik. Pada akhirnya itu bisa memberikan sinyal kepada google bahwa konten yang kita buat kurang berkualitas.

Itu sudah cukup memberitahukan kepada serach engine Google bahwa konten kita kurang berkualitas dan kurang informatif. Efeknya lambat laun konten tersebut akan tenggelam di hasil pencarian dan akan sulit ditemukan di posisi terbaik. Fenomena ini seperti Google Honeymoon Period

Baca juga : Efek Google honeymoon pada blog

Kesimpulan yang bisa kita peroleh adalah, nilai CTR akan sangat memiliki dampak yang signifikan sekali apabila dikolaborasikan dengan penyajian konten yang berkualitas. Di samping judul konten blog yang kita buat sering mendapatkan klik dari pengunjung dan konten yang kita buat informatif serta benar-benar berkualitas itu sudah cukup memberikan informasi kepada Google bahwa konten kita adalah konten yang berkualitas dan pantas untuk mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian google.

Apa yang harus kita lakukan?

Tentu saja yang harus kita lakukan yaitu membuat judul konten yang unik dan semenarik mungkin supaya bisa mendapatan perhatian pengguna search engine dan membuat mereka penasaran untuk mengunjungi blog kita. Di samping itu kita juga harus mampu membuat konten yang benar-benar relevan dan berkualitas sesuai judul yang dimaksud sehingga para pengunjung blog merasa puas dengan konten yang kita buat.

Dua Faktor SEO Terpenting tahun 2017

UX ini jauh-jauh hari sudah diprediksi akan menjadi menjadi salah satu google ranking faktor dan memang terbukti saat ini UX sudah menjadi bagian dari google ranking faktor yang harus kita perhatikan.

Apa artinya  UX?

Hal ini berarti Google menang berniat memberikan hasil pencarian yang informatif dan relevan kepada pengguna internet.

Beberapa tahun yang lalu kita bisa menemukan banyak sekali blog yang bermunculan di hasil pencarian dengan isi yang tidak relevan sama sekali bahkan blog ilegal AGC (auto generate konten mampu bersaing di posisi terbaik).

Baca Juga : Teknik AGK pada blogspot

Tapi seiring waktu Google terus menyempurnakan algoritmanya agar mampu menampilkan artikel blog yang memang benar-benar sangat relevan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh pengguna sebagai pencari informasi.

Google memberlakukan User experince untuk memberikan signal bahwa konten yang dimaksud merupakan konten yang memang memberikan informasi yang sangat berguna dan informatif, sehingga pengunjung merasa puas.

Apabila visitors betah di blog kita karena membaca konten yang kita sajikan, hal itu sudah cukup memberikan sinyal kepada Google bahwa konten di blog kita cukup berkualitas.

Demikian postingan mengenai 2 faktor seo terpenting yang menjadi pertimbangan untuk tahun 2017 ini semoga bermanfaat jika ada yang mau menambah silahkan saja sekian dan terimakasih sudah berkunjung semoga kalian sukses selalu menempatkan blog dihalaman pertama google

No Comments

Leave a Comment