K A N G A M E T

Loading

Daftar Ekstensi Nama Domain Terpopuler untuk Custom Domain Blogger Daftar Ekstensi Nama Domain Terpopuler untuk Custom Domain Blogger

Custom domain ialah memakai nama domain sendiri atau mengubah/menghilangkan nama subdomain blogspot di alamat blog Blogger.

Sebelumnya CB sudah share wacana pengertian nama-nama ekstensi domain.

Ekstensi nama domain (Domain Name Extensions) yaitu akhiran atau bab simpulan naa domain –huruf yang ada di belakang titik di bab kanan nama domain.

Untuk lebih jelasnya wacana apa itu ekstensi nama domain, berikut ini gambar struktur nama domain dan penjelasannya dari laman First Site Guide.

Prefix ialah protokol aplikasi internet nama domain, yaitu http dan https. (Baca: Pengertian Http dan Https).

Subdomain ialah domain level ketiga dari nama website, yaitu www yang merupakan abreviasi dari world wide web. Namun, banyak juga website yang tidak memakai www.

Name ialah domain level ketiga dari website, yaitu alamat website, yang dipilih oleh pemilik website sendiri dengan membelinya di provider domain.

Extension ialah domain level ketiga yang menjadi topik postingan kita kali ini. Dalam gambar di atas, ekstensi nama domainnya dot com (.com).

Dot Com ialah ekstensi nama doman paling terkenal dan terbanyak dipakai di seluruh dunia. Com sendiri abreviasi dari Commercial atau komersial, namun situs non-komersial pun sanggup menggunakannya.

Dot Com merupakan salah satu Domain Tingkat Atas (Top Level Domain, TLD) selain ekstensi nama domain lainnya.

Daftar Ekstensi Nama Domain Terpopuler

Berikut ini ialah daftar ekstensi nama domain paling terkenal di dunia. Jika akan melakukkan custom domain atau membeli domain, sebaiknya menentukan nama domain terkenal ini, semoga lebih cepat dekat dengan mesin pencari dan pengguna.

Saat membeli domain, selain ringkas, gampang diingat, dan relevan dengan konten dan niche blog, sebaiknya memilik salah satu ekstensi nama domain berikut ini:

1. .com

2. .net

3. .org

4. .info

Jika .com sudah diambil orang lain, pilih .net. Jika .net juga tidak tersedia, maka pilih .org atau .info, dengan catatan .org identik dengan situs organisasi, alasannya ialah memang .org itu abreviasi dari organization.

Jadi, prioritas pilihan ekstensi nama domainnya ialah .com, .net, atau .info, namun sebaiknya .com yang paling terkenal di seluruh dunia.

Belakangan, muncul juga ekstensi nama domain .xyz(dot xyz) yang gres yang dirilis tahun 2014. Kata XYX mewakili generasi-X yang lahir antara tahun 1965-1976, generasi-Y yang lahir tahun 1977-1995, dan generasi-Z yang lahir tahun 1996-sekarang.

Ada juga ekstensi nama domain .tk (dot tk) yang merupakan domain untuk wilayah Tokelau. Karena domain ini tidak sanggup diandalkan dan tidak konsisten, maka dipakai secara global, bahkan sempat digratiskan.

Karena banyak website dengan ekstensi nama domain .tk dipakai untuk kejahatan siber (cyber crime), menyerupai scam, phising, dan spam, maka ekstendi nama domain ini mempunyai reputasi yang jelek di mata mesin pencari maupun user.

Kembali ke soal Daftar Ekstensi Nama Domain Terpopuler untuk Custom Domain Blogger, selain .com, .net, .org, dan .info, nama-nama ekstensi domain terkenal lainnya ialah sebagai berikut:

.co

.biz

.info

.jobs

.mobi

.name

.ly

.tel

.kitchen

.email

.tech

.estate

.codes

.expert

Selengkapnya tentang Daftar Ekstensi Nama Domain Terpopuler untuk Custom Domain Blogger sanggup cek sumber Statista dan LifeWire.

No Comments

Leave a Comment