K A N G A M E T

Loading

Kali ini saya akan membuat Bootable file ISO untuk Windows XP. Windows XP memang sudah “tamat” tetapi masih banyak orang yang menggunakannya.

Cara ini digunakan apabila file ISO kalian bermasalah, bisa jadi file ISO / CD Windows XP kalian belum dijadikanbootable sehingga tidak bisa booting kedalam PC. Untuk cara membuat Bootable ISO Windows XP kurang lebih sama dengan membuat Bootable ISO Windows 7.

Saya ambil contoh, saya memiliki file / dan folder yang sudah saya ekstrak dari file ISO Windows XP, lalu saya beri nama Windows XP. Kira-kira susunan file & folder dari Windows XP yang sudah saya ekstrak adalah seperti dibawah ini. Susuan file dan folder tersebut saya simpan dalam 1 folder bernamaWindows XP( nama bebas, folder tersebut hanya contoh ! ). Nantinya file & folder tersebut akan kita jadikan satu buah file ISO Windows XP Bootable.

Susunan file WIndows XP

1. Download & Install IMGBurndisini, pastikan saat installasi kalian tidak memilih software tambahan yang ditawarkan oleh IMGBurn. Dan jika sudah kalian buka aplikasi IMGBurn tersebut.

2. Pada IMGBurn, kalian pilih “Create Image file from Files/Folders”.

Create Image files IMGBurn

3. Jika sudah kalian akan diberi tampilan seperti dibawah ini, pada langkah ini, kalian cari folder tempat kalian menyimpan file Windows XP yang sudah kalian ekstrak tadi. Klik padaicon search folder seperti gambar dibawah dan arahkan ketempat folder Windows XP kalian tadi.

Browse Folder IMGBurn

4. Jika sudah, sekarang kalian download fileBootableImage.Imadisini & ekstrak dengan WinRAR. File tersebut nantinya akan digunakan sebagaiBoot Image ( yang membuat Windows XP bisa dijadikanBootable).

5. Selanjutnya kalian kembali ke IMGBurn, dan klik tab “Advanced” –> “Bootable Disc” –> Centang juga option “Make Image Bootable”.

Membuat Bootable Image IMGBurn

6. Pada kotak kosongBoot Image, kalian cari fileBootableImage.ima yang sudah kalian download & ekstrak tadi, masukkan file tersebut melaluiicon search disamping.

BootableImage.ima IMGBurn

7. Pada bagian “Load Segment” & “Sectors to Load”, kalian pastikan seperti gambar dibawah ini. Sectors to Load sengaja dijadikan angka 4 karena khusus angka 8 hanya untuk Windows 7 keatas.

Segment & Sectors IMGBurn

8. Pada kolom “Destination”, kalian pilih lokasi penyimpanan file ISO yang nanti akan kalian buat, contohnya bisa di Documents atau Di Desktop. Jika semua sudah OK, kalian klik pada ikon dibawah ini untuk membuat bootable.

Create ISO File Windows XP IMGBurn

9. Setelah klik ikon tersebut biasanya akan muncul semacam peringatan dari IMGBurn, kalian klik Yes saya dan IMGBurn akan mengatur setinggannya untuk kalian. kalian klik YES –> YES –> Ok.

IMGBurn Windows XP

IMGBurn Windows XP

IMGBurn Windows XP

10. Proses pembuatan file biasanya berlangsung cukup cepat, tentunya tergantung dari besaran file yang akan diubah.

IMGBurn Windows XP

IMGBurn Windows XP

11. Done ! sekarang kalian sudah bisa membuat file ISO bootable Windows XP. Mudah bukan cara membuat bootable ISO dari folder untuk Windows XP. Cara ini juga bisa digunakan untuk Windows Vista.

No Comments

Leave a Comment