K A N G A M E T

Loading

TIPS MEMPERCEPAT LOADING WEBSITE YANG LEMOT TERBARU

Cara meningkatkan kecepatan loading blog

Selamat Datang di Blog ini . Apakah anda merasa loading blog anda berat atau lamanya memuat sebuah halaman blog dibeberapa perangkat ? jika anda merasa lambatnya loading blog karena masalah template bawaan yang memang sudah lelet dari sana nya atau karena dalam blog anda terlalu banyak widget sampai animasi / flash tidak penting yang terpasang dalam blog berarti anda harus mengoptimalkan nya mulai sekarang . Ini adalah masalah serius

Ketika pengunjung merasa blog anda terlalu usang dimuat atau butuh ketika setidaknya tiga dtk dalam mode dekstop & 1 dtk dalam perangkat mobile mereka cenderung akan meninggalkan blog anda , hal ini menurut keterangan lapangan yg dilakukan sang google dimana penundaan saat permintaan halaman dalam beberapa dtk saja menghipnotis minat pengunjung buat mengakses blog

Dalam seo , page fast loading jua jadi pertimbangan krusial lantaran berkaitan eksklusif menggunakan user experience . . . Google memberikan nilai positif pada website yg dioptimalkan spesifik dihalaman seluler umumnya blog ini menerapkan konsep AMP accelerate mobile laman / page yang dipercepat khusus buat perangkat mobile . Didekstop pun demikian kita lihat beberapa website terkenal mulai mengoptimasi websitenya supaya mendapatkan skor kecepatan yg tinggi baik diperangkat seluler maupun diperangkat dekstop

Kecepatan loading blog sebagai 1 dari 200 faktor yg mempengaruhi SEO , pada dasarnya semakin cepat website anda maka semakin baik pula kesempatan konten anda menerima peringkat tertinggi dihalaman penelusuran google .

Google sudah memutuskan lebih dari 200 kriteria pada website yang dirankingnya dihalaman google

Selengkapnya = 200 faktor seo google

1. Mulailah menggunakan melakukan analisis

Langkah pertama adalah melakukan analisis website yang baik & menekankan kekurangan utama yg dalam tampilkan sang website. Mengetahui dengan sempurna dimana masalahnya sangat penting pada menciptakan keputusan yg paripurna dalam analisis website. Dibawah ini beberapa alat/tool online yg bisa membantu anda pada analisis ini.

Cek Pagespeed insights

Cek Pagespeed insights

Google Page Speed ??Tools adalah keliru satu alat yang paling terkenal buat menganalisis pada mempercepat website & mendiagnosis kesalahan yg dapat diperbaiki.

Alat ini pula menampakan apa yang dapat diperbaiki misalnya pada situs seluler contohnya, tetapi umumnya sama misalnya dalam versi desktop. Sebagian besar kasus yg disajikan bisa diperbaiki secara sederhana.

Cek Pingdom

Cek Pingdom

Pingdom adalah indera yang lebih lengkap

Misalnya, jika Anda ingin mengetahui kecepatan situs anda saat diakses dari AS atau Australia.

Alat ini menampilkan kecepatan dalam hitungan detik, keseluruhan kinerja, dan ukuran situs Anda dalam satuan MB (mrgabyte). Anda juga dapat memeriksa poin mana yang harus diperbaiki dan melihat kinerja situs secara umum. Alat yang benar-benar harus diperhitungkan saat menganalisis kecepatan situs web.

Cek GTmetrix

Cek GTmetrix

GTmetrix menyediakan informasi tentang kinerja situs anda dan memberikan rekomendasi bermanfaat tentang cara mengoptimalkannya. Cukup masukkan url domain anda dan tunggu rekomendasi dari GTmetrix.

Keuntungan besar dari alat ini adalah sudah mengukur kecepatan situs dengan menggunakan parameter Google Page Speed ​​dengan rata-rata. Situs anda juga ditampilkan terhadap semua situs lain yang diulas di GTmetrix.

2. Pilih tema yang bagus

Jika anda menggunakan CMS WordPress misalnya, anda perlu menganalisis pengaturan tema yang sedang digunakan di website anda. Tema yang dimuat dari banyak script dapat membebani server dengan banyak permintaan yang tidak perlu, yang mengakibatkan keterlambatan dalam memuat situs. Ini sangat penting untuk menjaga kestabilan website anda, jadi pastikan Memilih Theme WordPress Yang Baik Dan Cocok Dengan Situs Anda

Dari ribuan theme gratisan WordPress anda bisa memilih bahkan berganti theme sesuka hati untuk menemukan kecocokan, satu hal yang Anda inginkan pastilah menemukan tampilan yang sesuai.

Namun saran saya, gunakan theme WordPress premium yang memiliki fitur – fitur yang sudah di optimalkan.

Jika anda pengguna blogger maka cari template premium / freemium dengan skor kecepatan bawaan yang memang sebelumnya sudah tinggi . Disini blog helmykkediri.com menggunakan template viomagz buatan mas sugeng yang memang dari file aslinya skor kecepatanya sudah tinggi jadi begitu saya pasang diblog kemudian menambahkan beberapa script tambahan seperti popular pos , tracking analytic dll skornya tidak akan turun terlalu jauh

Pilih tema yang bagus

3. Optimalkan gambar ntuk meningkatkan kecepatan website

Sekarang kita sampai pada salah satu poin paling kritis yang mempengaruhi kecepatan website. Gambar sangat berpengaruh pada kecepatan sebuah situs atau website.

Semakin banyak gambar, maka semakin banyak sumber daya yang akan dimuat dan ini berdampak negatif pada upload dan kecepatan situs. Gambar juga membutuhkan disck space hosting yang cukup besar dalam penyimpanan file anda.

Dalam kasus ini, Apa yang harus dilakukan? hal yang harus anda lakukan adalah mengoptimalkan semua gambar situs ke ukuran yang lebih kecil.

Hal ini dapat dilakukan dengan mudah menggunakan TinyPNG untuk mengompres dan mengecilkan ukuran/kapasitas gambar. Atau kalau ingin lebih praktis, Anda bisa menggunakan plugin kompres gambar. Dengan begitu, gambar Anda akan dikompress  secara otomatis ketika diupload ke postingan.

Pengguna blogger pun demikian ketika gambar yang diunggah tidak dicompress terlebih dahulu maka proses pemuatan halaman juga akan berjalan lebih lambat karena dalam versi dekstop gambar akan didownload dan disimpan pada chache browser anda . Untuk mengcompress gambar saya biasanya menggunakan tools yang memang sudah tersedia dilaptop yaitu microsoft picture manager

Optimalkan gambar

4. Uninstall plugin yang tidak perlu

Tahukah anda bahwa plugin bisa memperlambat kinerja website? Bahkan beberapa webmaster tidak begitu tahu fungsi plugin tertentu untuk apa? Maka cara terbaiknya adalah dengan mencopot pemasangannya untuk menghemat sumber daya dan membuat website anda menjadi lebih ringan dan stabil.

Jika dalam blogger kita kenal dengan istilah widget , beberapa widget tidak penting hanya akan membuat loading blog akin berat misal popular post jelas mempengaruhi kecepatan blog , widget translate , pernak pernik , flash , widget iklan dsb

Baca juga : Rekomendasi widget penting untuk blog

5. Aktifkan cache situs anda

Salah satu solusi untuk meningkatkan kecepatan website adalah dengan mengaktifkan caching. Halaman cache adalah salinan yang tersimpan dan ditampilkan bila ada akses baru.

Cache berfungsi untuk menghemat sumber daya dari server, karena menghindari permintaan data baru dari situs sudah dimuat sebelumnya.

Anda dapat mengaktifkan caching di situs anda melalui plugin yang diinstal dengan sekali klik. Di dalamnya anda dapat mengkonfigurasi untuk menyimpan dan menghapus cache bila perlu.

6. Hilangkan iklan yang berlebihan

Hilangkan iklan yang berlebihan

Jika Anda mengekspos iklan pihak ketiga, ini juga dapat berkontribusi untuk memperlambat website anda. Masalah ini sering terjadi pada website berita dan konten yang dimonetisasi situs dengan iklan.

Terlalu banyak iklan dalam situs hanya akan memperlambat website dan menunda pemuatan halaman.

Belum lagi masalah pengalaman pengguna yang mungkin terganggu karena terlalu banyak iklan, jadi sebaiknya memasang iklan dalam batas kewajaran, karena akan berpengaruh pada kecepatan website anda.

7. Kompres file JS dan CSS

Java Script adalah kumpulan kode yang bertugas untuk mengeksekusi konten dan elemen tertentu dengan benar. Saat halaman diakses, skrip ini diminta dari server dan di situlah akan sangat berpengaruh pada kecepatan website.

Untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan server dalam membaca script, Anda bisa melakukan kompresi.

Untuk menyelesaikan tugas ini anda dapat mengandalkan plugin yang meminimalkan dan memadatkan ukuran kode ini, dengan demikian memperbaiki kecepatan situs.

Anda bisa baca artikel lengkapnya : Cara compress js css blogger

8. Pilih jasa layanan hosting yang bagus

Setelah melakukan semua kemungkinan optimasi kecepatan website masih kurang memuaskan, saatnya meninjau layanan hosting yang anda gunakan.

Penting untuk Memilih Hosting Terbaik yang sesuai dengan keperluan website anda. Dalam hal ini perlu menggunakan hosting sesuai dengan platform yang digunakan untuk mendapatkan performa terbaik.

Penyedia hosting yang baik akan membantu anda meningkatkan kecepatan website. Pastikan perusahaan menawarkan dukungan ini dan mengoptimalkan masalah teknis hosting anda sebaik mungkin.

9. Menghilangkan thumbnail postingan dihomepage

Thumbnail gambar dihalaman homepage ternyata juga mengurangi kecepatan loading halaman blog , solusinya anda bisa menghilangkanya

Masuk template-  edit html – cari ctrl+F dan hapus kode ini

<b:include data=’post’ name=’postthumbnail’/>

Selanjutnya cari kode CSS ini

.info-1, .info-2, h2.post-title, .post-snippet {

margin-left: 275px;

}

Lalu ganti dengan kode CSS ini

.info-1, .info-2, h2.post-title, .post-snippet {

margin-left: 0px !important;

}

10. Hapus page number

Fitur Numbered Page Navigation atau navigasi halaman bernomor pada template blog bergantung pada JavaScript. JavaScript sebenarnya tidak bagus untuk kecepatan loading blog, jadi supaya loading templatenya lebih cepat, anda bisa menghilangkan fitur ini.

<script>

//<![CDATA[

if(typeof firstText==”undefined”)firstText=”First”;

… sampai dengan ….

“+perPage+”#PageNo=”+noPage}location.href=pAddress}

//]]>

</script>

11. Mengurangi widget / menghapus semua widget dan tidak memasang popular post / random pos

Demikian postingan mengenai cara-cara meringankan loading blog yang berat dengan 11 langkah mudah semoga bermanfaat jika anda punya tips lain jangan sungkan sumbangkan melalui kotak komentar dibawah sekian dan terimakasih telah berkunjung ke blog helmykkediri.com

No Comments

Leave a Comment