K A N G A M E T

Loading

Cara Menghapus Kolom dan Baris Kosong di excel-Micrososft excel merupakan lembar kerja yang berfung untuk mengelola menggunakan spreadsheet yang terdiri dari baris dan kolom untuk menjalankan perintah. tetapi kadang kala kita menjumpai data tidak rapi atau berantakan misalkan, data atau tabel yang memiliki kolom (column) atau baris (row) kosong.

Menghapus baris atau kolom yang tidak di perlukan bertujuan untuk merapikan data yang sedang kita kelola pada lembar kerja excel. Sehingga hasil akhir dari data kita akan terlihat lebih rapi dan bagi orang yang membaca data yang kita buat lebih enak utuk di baca.

Data Excel yang memiliki kolom dan baris kosong, punya banyak keterbatasan antara lain tidak dapat melakukan PivotTable. Untuk bisa menggunakan data tabel dengan optimal, kita terlebih dahulu diharuskan untuk membersihkan data dengan menghapus kolom dan baris yang kosong. Proses pembersihan data seperti ini biasanya dikenal dengan istilah data cleansing.

jika jumlah tabel atau kolom yang mau di hapus tidak terlalu banyak anda dapat malakukannya secara manual  tetapi jika pada table jumlah dan baris sangat banyak menghapus secara manual membutuhkan proses yang lama dan membuat kita bosan dan juga jenuh.

Untuk menghapus kolom dan baris kosong, kita bisa melakuan dua tahap. Pertama, menghapus kolom yang kosong terlebih dahulu, kemudian  menghapus baris yang kosong dengan cara yang sama. Atau juga bisa anda lakukan sebaliknya, yaitu menghapus baris yang kosong dan kemudian menghapus kolom yang kosong.

berikut ini adalah bagaimana Cara Menghapus Kolom dan Baris Kosong di excel, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pilih atau blok baris pertama tabel atau kolom paling atas yang merupakan header tabel.

Lau anda pilih Go To Special pada menu tab Home > Go To lalu klik tombol Special. Atau anda bisa juga menekan  pada keyboard   F5 untuk shortcut atau sebagai jalan pintas.

Pilih atau klik Blanks pada menu window box Go To Specials untuk memilih cell yang kosong pada row yang diblok yang akan dihapus, lalu klik OK.

Klik kanan pada woksheet, lalu pilih Delete untuk menghapus. pada window box Delete anda  Delete Entire Column lalu  klik OK.

Langkah yang selanjutnya, sebenarnya sama saja dengan langkah-langkanya tetapi untuk yang row. Pilih atau blok kolom pertama atau kolom paling kanan data tabel.

Pada worksheet, klik kanan lalu pilih Delete untuk memunculkan window box Delete di window box Delete, anda pilih Delete Entire row lalus silahkan klik OK untuk menghapus seluruh row yang sebaris dengan cell kosong.

Dan ini adalah hasil akhirnya seperti pada gambar di bawah.

sekian dari saya bagaimana Cara Menghapus Kolom dan Baris Kosong di excel semoga bermanfaat dan dapat membantu di akhir postingan saya mengucapkan Terimaksih….

No Comments

Leave a Comment