K A N G A M E T

Loading

Cara Mengatur Tata Letak Ms wordSaat kita menggukan Ms Word Ataupun Excel kadang kita harus mengatur sebuah tata letak yang kita gunakan,pengaturan yang ingin di atur adalah Ukuran kertas,jarak spasebar,bentuk halaman dan lainnya.

Mengatur halaman kerja kita sangat penting jika ingin mencetak dokumen berukuran seperti A4,lebih kecil,atupun lebih besar.Yang  perlu di ketahui, ukuran halaman di Ms Word bisa kita ubah  dan sesuai dengan keinginan kita masing-masing. Maka untuk itu perlu melakukan pengaturan tata letak halaman lebih dulu.Ada 3 hal yang bisa diatur terkait dengan tata letak halaman, yaitu:

1. Mengatur Model Orientasi Halaman

Disini kita dapat mengatur model orientasi halaman , kita   menggunakan model vertikal “berdiri” atau ingin menggukan horizontal “Melebar ke arah samping.

Untuk mengatur Model Halaman tersebut caranya menggukan tab menu Page Layout >> pilih Orientation lalu klik Potrait, Jika kita ingin buat  halaman di word jadi  standart vertikal keatas.

Klik Page Layout >> Orientation dan klik Landscape, apabila kita membuat halaman dengan model horizontal  dan “melebar ke samping”.  lihat gambar berikut ini:

2. Cara Mengatur Margin Halaman

Disini kita  akan mengatur margin /batas kertas yang meliputi atas-bawah-kiri-kanan halaman caranya pilih menu Page Layout >> klik Margins, dan pilih salah satu  margin yang  kita  gunakan. apabila tidak  sesuai apa yang kita inginkan,  Dapat memilih fitur “Custom Margins”, lalu tentukan  ukurannya sesuai keinginan kita. Adapun  yang terdapat dalam fitur “Custom Margin” adalah sebagai berikut ini:

  • Top, fungsinya  untuk menentukan ruang ukuran kosong di bagian atas halaman word
  • Bottom,fungsinya  untuk menentukan ruang ukuran kosong di bagian bawah halaman word
  • Left, fungsinya untuk menentukan ruang ukuran kosong di bagian samping kiri halaman word
  • Right, fungsinya untuk menentukan ruang ukuran kosong di bagian samping kanan halaman word
  • Header,fungsinya untuk menentukan ruang ukuran kosong bagian judul kepala “header/atas” halaman word
  • Footer,fungsinya untuk menentukan ruang ukuran kosong pada bagian judul kaki “bawah” halaman word

Biar lebih jelas lihat pada gambar berikut ini :

3. Cara Menentukan Ukuran Kertas

Beberapa ukuran kertas yang dapat kita  pakai untuk mencetak dokumen di Ms Word. Cara menentukan ukuran kertas adalah pilih menu Page Layout >> Size. kita dapat memilih ukuran kertas sesuai dengan keinginan kita biar lebih jelas  lihat gambar berikut ini:

DemikianlahmengenaiCara Mengatur Tata letak Ms wordyang bisa saya  sampaikan kepada anda semuanya.Di ahir postingan saya mengucapkan Terimakasih sudah berkunjung….

No Comments

Leave a Comment