K A N G A M E T

Loading

Cara Mengatasi Rumus Excel Yang Tidak Menghitung Otomatis –Saat kita bekerja di Excel tidak dapat menghitung rumus secara otomatis contoh rumusnya SUM. kita pastinya bingung karna menghitung manual sangalah ribet dan lama.Disini saya akan mencoba memberi sebuah solusi, Sulusi yang akan saya sampaikan berhasil membuat excel kita  dapat menghitung kembali  secara otomatis.

Pertama , kita tidak tahu masalah apa yang sebenarnya. Kita mengira Ms excel kita ERROR, tapi  sebenarnya masalahnya adalah pada FORMULA EXCEL TIDAK MENGHITUNG KEMBALI (RECALCULATION) SECARA OTOMATIS (AUTOMATIC). Maka kita mencoba mencari bantuan di HELP (F1) dengan kata kunci error, kita tidak akan menemukan solusinya. Tapi jika mencari  recalculation dan automatic, maka akan diarahkan ke INFO Function dan kita akan dapat pencerahan.

Kedua , perlu kita ketahui bahwa TIDAK SEMUA orang IT bisa mengatasi masalah pada EXCEL. karena orang IT tidak spesifik mengurusi masalah EXCEL, tetapi masalah IT secara keseluruhan, biasanya masalah sistem dan jaringan.

cara mengatasi rumus Excel tidak Menghitung Otomatis sebenarnya cukup sederhana.

Masalah tersebut  terjadi di sebabkan  Microsoft Excel disetting pada Manual Recalculation Mode, yang secara default seharusnya ada di Automatic. Kondisi ini menjadikan formula tidak menghitung otomatis. Rumus atau formula pada mode manual baru melakukan perhitungan jika  mengaktifkan cell di mana rumus berada, setelah itu kita menekan ENTER.langkahnya seperti pada gambar di bawah ini :

  • Maka cek mode calculation atau recalculation rumus atau formula Excel dengan fungsi INFO yaitu =INFO(“RECALC”) dan akan menghasilkan value “Manual
  • Maka ubahlah  ke mode Automatic yang ada di File/Option/Formula. Pada Calculation options, tick Manual pada Workbook Calculation.

sekian dari saya tentang Cara Mengatasi Rumus Excel Yang Tidak Menghitung Otomatis semoga bermanfaat di akhir postingan saya mengucapkan Terimakasih…….

No Comments

Leave a Comment