K A N G A M E T

Loading

cara mengatasi  komputer atau laptop yang not responding-komputer atau laptop adalah barang yang elektronik yang sangat di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. laptop dan komputer sangat memiliki banyak manfaat seperti mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, editing, main game, nonton film dan lain sebagainya.

bagi para pengguna komputer tentu tidak asing lagi dengan kata not responding atau mungkin Anda sering mengalaminya. ketika laptop atau komputer yang kita punya not respong tentu kita akan merasa kesal. karena pekejaan kita akan terhambat dan menyita waktu.

Baca juga : penyebab laptop atau komputer not responding DISINI

1. Menguninstall aplikasi yang tidak penting

Banyaknya aplikasi yang terinstall di laptop atau komputer akan memakan penyimpanan laptop sekaligus  resource laptop yang lainnya. oleh sebab itu apabila laptop atau komputer Anda sering mengalami not responding. ada baiknya lihat apa saja aplikasi yang terinstall. sebaiknya Anda uninstall aplikasi yang menurut Anda yang perlu di uninstall agar tidak terjadi not responding terus menerus dan tidak menggangu aktivitas Anda.

2.cek RAM

coba cek RAM dari laptop atau komputer Anda apakah terjadi kerusakan, korslet atau kotor. sebaiknya lakukan sebulan atau dua bulan sekali sekali membersihkan laptop atau komputer Anda.

3.Tutup Paksa Aplikasi Penyebab PC Laptop Macet

mengapa komputer atau laptop sering not responding. karena tidak mampunya perangkat untuk memproses, akibatnya akan terjadi not responding. Hal ini bisa terjadi karena banyaknya aplikasi yang berjalan, atau aplikasi yang sedang di jalankan terlalu besar melebihi batasan spesifikasi yang di sarankan. Anda harus melakukan paksa untuk menutup aplikasi tersebut dengan masuk ke taskmanager.

4.Scanning virus atau malware

Virus atau malware juga dapat sebagai penyebab error not responding pada komputer atau laptop. Hal itu disebabkan karena mereka membuat resource RAM, CPU, dan lain sebagainya terpakai dengan besar dan menyebabkan komputer atau laptop nyaris tidak dapat digunakan. Untuk membersihkan virus atau malware, Anda dapat menggunakan aplikasi antivirus atau antimalware baik yang gratis ataupun yang berbayar/trial untuk sementara waktu. Dengan demikian, sistem operasi yang Anda miliki akan dibersihkan dari virus atau malware yang telah terinstall di sistem operasi Windows.

5.Periksa Keadaan Hard Disk dan SSD

Jika software, sistem operasi dan RAM tidak bermasalah, maka perlu untuk mengecek  hard disk atau SSD. Umumnya sebuah hard disk yang telah lama digunakan akan mengalami bad sector sehingga kinerjanya tidak maksimal.  Hard disk adalah komponen vital dimana semua data baik yang belum ataupun sudah diproses akan disimpan.Anda harus memastikan bahwa hardware yang satu ini dalam keadaan yang baik.

6.Install ulang

Install ulang mungkin adalah salah satu opsi yang banyak dihindari oleh orang. Akan tetapi untuk mengatasi error not responding yang disebabkan  virus atau malware yang merusak file sistem dan tidak bisa lagi untuk dikembalikan, maka solusi ini adalah solusi satu-satunya yang dapat di lakukan. Sebab tidak mungkin menjalankan sistem yang filenya sudah dirusak oleh virus. Kalaupun Anda tetap menjalankannya, risikonya terkena serangan lagi dan mengalami error not responding tetaplah tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu merelakan waktu untuk melakukan install ulang agar komputer atau benar-benar pulih seperti yang seharusnya.

Baca juga :bagi anda yang suka traveling silahkan mampir ke situs visitgoid disini anda akan mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan masih banyak lagi silahkan klikDISINI

Itulah bebepa cara yang bisa saya bagikan kepada Anda bagaimana cara mengatasi  komputer atau laptop yang not responding semoga bermanfaat dan membantu. Terimakasih……

No Comments

Leave a Comment