K A N G A M E T

Loading

CARA INSTANT MEMBUAT OPERATING SYSTEM SENDIRI

Cara Membuat Operating System Sendiri

Selamat Datang di Blog ini . Postingan saya sebelumnya mengenai Cara Resume Download IDM yang Gagal kemudian postingan kali ini saya akan share tutorial ringan yaitu cara instant membuat operating sistem sendiri tentunya dengan logo dan nama kita sendiri . Ya meskipun hasilnya tidak sebaik Windows namun berupa produk open source.

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah komponen pengolah piranti lunak dasar (essential component) tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

Membuat Sistem Operasi memang lah hal yang sulit bahkan bisa sampai berminggu-minggu , namun telah muncul sebuah situs yang memberikan fasilitas bagi usernya untuk membuat Sistem Operasi dengan nama dan logo mereka sendiri tentunya Sistem Operasi yang dihasilkan nanti berbasis Kernel Linux Open Source yang bisa dikembangkan lagi.

Langkah-Langkah Membuat Os Versi Sendiri

1. Buka Situs Suse Studio

Membuat Operating System Sendiri

Halaman Awal

dua. Silahkan Login terlebih dahulu memakai akun yang anda punya, baik menggunakan akun Google, Facebook, Twitter atau lainya misalnya yang terlihat pada gambar berikut :

Membuat Operating System Sendiri

Login Akun

3.  Pada Tutorial ini saya Login dengan menggunakan akun Facebook, maka akan ada instuksi bahwa situs “Suse Studio ingin mengakses profil publik, daftar teman dan alamat email Anda” Klik Oke untuk memberikan ijin dan melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Membuat Operating System Sendiri

Ijin Aplikasi

4. Selanjutnya anda akan melihat pemberitahuan bahwa anda telah berhasil login dan siap untuk memulai. Jangan lupa berikan tanda centang pada kota  “Yes I have read and agree to the Terms Of Use” dan klik Continue>> untuk melanjutkan.

Membuat Operating System Sendiri

TOS

5. Kemudian anda akan masuk ke halaman utama

imageMembuat Operating System Sendiri

Halaman Utama

6.  Pilih Menu Software dan silahkan anda pilih software apa saja yang ingin disertakan dalam Os ini, lihat software-software yang tersedia pada “Selected software

Membuat Operating System Sendiri

Pilih Software

7. Selanjutnya pilih Menu Configuration dan pilih General, Silahkan cobt isi seperti gambar dibawah ini

Membuat Operating System Sendiri

Konfigurasi Umum

8. Langkah selanjutnya pilih menu Personalize  dan silahkan anda pilih Logo yang tersedia pada Appliance logo, atau bila anda memiliki logo sendiri, silahkan pilh “Upload new Logo” . Jangan lupa juga untuk memilih Background pada Apliance background anda juga bisa mengupload background lainnya dari Pc/Laptop anda dengan cara pilh “Upload new background”

Membuat Operating System Sendiri

Upload Logo

9.  Selanjutnya pilih menu Startup, pada Start in runlevel pilih “5: Graphical Login”, disini cobt bisa mengisi sepatah kata yang akan tampil ketika booting dengan cara pilih “Add a new EULA”

Membuat Operating System Sendiri

Pilih Grafik

10. Selanjutnya pilih menu Buid, silahkan anda isi version  dan pilih Default format yang dinginkan, kemudian Klik Build, untuk menciptakan Os.

Membuat Operating System Sendiri

Proses Build

11. Maka anda bisa melihat proses buid yang sedang berjalan. Tunggu beberapa menit sampai selesai.

Membuat Operating System Sendiri

Tunggu Saja

12.  Bila proses telah siap akan tampil pemberitahuan dan akan terlihat seperti gambar berikut.

Membuat Operating System Sendiri

Sukses OS Build

13. Sekarang Os versi anda telah berhasil anda buat tinggal mendownloadnya.

Demikian pembahasan kita mengenai Cara Membuat OS Versi Kita Sendiri Melalui Suse Studio, untuk melihat bagaiman hasil Os ini, cobt bisa menjalankannya dengan menggunakan Aplikasi VirtualBox semoga bermanfaat dan terimakasih.

No Comments

Leave a Comment