K A N G A M E T

Loading

Cara Buat Video Facebook Ads simple

Cara Buat Video Facebook Ads Mudah

Apakah Anda sudah pernah mencoba membuat video facebook ads untuk iklan facebook Anda?

Apakah anda ingin tahu cara membangun video produk untuk facebook ads anda ?

Apakahiklan  Video facebook ads anda sudah berjalan efektif dan efisien ?

Apakah iklan video facebook ads anda telah viral gak karuan ?

Merancang video yang unik dapat meningkatkan engagement dan konversi iklan facebook ads anda . Pada pembahasan kali ini saya akan menjelaskan kepada anda strategi dalam membuat iklan video pada facebookads dengan mudah namun berpotensi viral .

1. Audience Preferences / pilihan audience

Cara Buat Video Facebook Ads Mudah

Dalam taktik ini anda harus paham siapa sasaran market anda, gendernya apa, berapa umur mereka, pada mana mereka senang berkumpul, fanpages yg disukai apa, artis yang disukai siapa,website apa yg mereka sukai, film apa yang mereka senang , dan buku apa yang mereka senang dan jam berapa mereka sering online .

Apabila anda telah menguasai hal ini, itu merupakan anda telah kenal dengan market anda sendiri . Dengan begitu akan lebih mudah saat mengisi targeting dalam iklan anda .

Saya gak paham om bagaimana karakterisistik market aku ?

Gampang ! Saya umumnya menggunakan sebuah tool

Tool yg biasa aku pakai dalam meriset karakteristik sebuah produk yang di dalammya kita sanggup mengetahui umur calon pelanggan kita, gendernya, lokasinya

Mau tahu toolnya apa ?

Anda dapatmenggunakan sebuah tool yang bernama  Audience Insights untuk mengetahui siapa audience Anda dan karakteristiknya bagaimana .

Untuk mengakses tool Audience Insights ini caranya sangat mudah, anda tinggallogin saja ke akun business manager anda, kemudian klik Tools dan pilih Audience Insights dari menu yang ditampilkan . Pilihlah audiens yang ingin Anda ketahui lebih banyak .

Dalam tool ini anda akan mengetahui demografi, seperti usia, jenis kelamin, status hubungan ,gaya hidup, tingkat pendidikan dan pekerjaannya . Jika anda ingin tahu cara menggunakan Tool Audience Insight ini maka

Yuk belajar : Cara menggunakan tool audience insight facebook

2. Menangkap Perhatian dengan Cepat

Cara Buat Video Facebook Ads Mudah

Video yang dikatakan sukses adalah video yang dapat menangkap perhatian audiencenya dengan cepat yaitu dalam 5 detik pertama.

Caranya adalah :

1.     Video harus mendapat perhatian awal yang menarik

2.     Beritahu solusi yang akan Anda tawarkan untuk kebutuhan mereka.

3.     Beritahu apa yang akan anda sampaikan ke mereka .

4.     Buat ungkapan yang membuat penasaran

Hal yang sering terjadi adalah kebanyakan video tidak bersuara dalam detik-detik awal kecuali pengguna mengklik tombol audio pada handphonenya.

Yang perlu anda pahami adalah bahwa facebook adalah media social, bukan media komersil saja . Jadi jangan buat sebuah video yang sisi iklannya keliatan banget di awal, karena kebanyakan orang akan langsung melewatinya ketika melihat iklan ..

3. Membuat iklan namun tidak kelihatan beriklan

Cara Buat Video Facebook Ads Mudah

Rata-rata setiap pengguna Facebook mengunjungi facebook itu bukan untuk membeli , tetapi mereka sedang berseluncur melihat status teman mereka sambil beristirahat .

Maka dari itu untuk menarik perhatian para pengguna Facebook, iklan Anda mesti menyampaikan pesan melalui sesuatu yang tidak seperti biasanya . Misalnya menggunakan wajah wanita yang cantik di awal-awal video, lalu memberikan infromasi yang bermanfaat sambil menyisipkan iklan di dalamnya .

Hal seperti ini tidak mudah dilakukan, tetapi itu adalah cara yang terbaik untuk membuat video yang menghasilkan konversi tinggi ..

4. Pesan video dan Runtime

Video yang durasinya panjang belum tentu dapat menarik perhatian pembaca jika isi dari video tersebut kurang menarik, sebaliknya video yang berdurasi pendek namun unik dapat menairk perhatian pembaca . Oleh karena itu buatlah sebuah video yang seunik mungkin yang dapat menghibur dan memberikan value  agar orang mau berlama-lama menonton video anda.

Nah, sebelum membuat video pastikan anda sudah memahami rumus 5W

1. Who : siapa = orang yang ingin anda tuju

2. What : Apa = Apa yang Anda tawarkan kepada audience

3. Where : di mana = Di mana mereka dapat menemukan produk anda

4. When : Kapan = Kapan mereka biasanya online

5. Why : Mengapa = Mengapa mereka membutuhkan produk anda

5.Buat Iklan video yang berbeda

Cara Buat Video Facebook Ads Mudah

Setiap karakter orang berbeda-beda, ada yang lebih suka dengan A, ada yang lebih suka dengan B, C, D dan seterusnya . Oleh karena itu orang-orang yang menyukai produk anda juga berbeda-beda . Anda harus tes satu per satu di mana orang yang paling banyak  menyukainya . Jika anda baru pertama kali membuat sebuah iklan video, jangan langsung membuat sebuah video jualan produk anda, tetapi kita harus menyaringnya terlebih dulu . Bagaimana caranya ?

Buatlah sebuh video pertama yang berkaitan dengan produk anda, namun jangan berjualan di dalamnya . Video tersebut harus dibuat seunik mugkin agar banyak orang yang menyukainya terlebih dulu .Lalu kalau mereka sudah suka dengan iklan anda yang pertama , maka anda bisa melakukan retargeting ulang menggunakan data yang anda dapatkan ketika pertama beriklan . Jika diawal mereka sudah suka dengan iklan anda yang pertama, maka besar kemungkinan mereka juga akan menyukai video anda yang kedua .

Gunanya hal ini adalah untuk menyaring orang-orang yang betul-betul tertarik dengan video produk anda dengan begitu iklan anda bisa lebih tertarget .

Kalau istilahnya dalam dunia bisnis adalah, anda harus mengubah cold market menjadi warm market terlebih dulu baru kemudian ubah menjadi hot market . Sehingga anda benar-benar mendapatkan data orang-orang yang tertarik dengan produk anda .

6.Split test iklan video anda

Cara Buat Video Facebook Ads Mudah

Membuat beberapa video untuk dijadikan umpan adalah hal yang cukup bagus . Misalnya di video yang pertama anda menargetkan  umur 20-30, lalu di video kedua anda menargetkan umur 30-40 . Silahkan jalankan dua video tersebut, lalu ukur mana video yang lebih menghasilkan . Jika sudah didapatkan mana hasil yang paling menghasilkan, maka anda bisa menghentikan iklan video yang kurang menghasilkan

7.Kombinasikan secara Visual, Narasi dan berikan Musik untuk Kinerja Maksimal

Fakta membuktikan bahwa orang lebih suka video yang diberi musik daripada video dengan teks atau gambar saja . Lebih maksimal lagi jika anda mengkombinasikannya ketiganya . Dengan begitu orang akan merasa senang menonton video anda sehingga tingkat konversi anda lebih tinggi .

Kesimpulan

Membuat video untuk facebook ads yang menghasilkan itu sebenarnya mudah jika anda mampu mengenali siapa target market anda,berikan sedikit sentuhan kreatifitas atau keunikan pada video anda  itu saja sudah bagus .  Saran saya belajarlah menggunakan software editing video yang sederhana saja agar video iklan anda lebih maksimal .

No Comments

Leave a Comment