K A N G A M E T

Loading

Cara Bootable USB flashdisk Menggukan Rufus- (flashdisk, memory stick dan yang lainnya) sangatlah penting  bagi seorang teknisi komputer atau pemilik komputer, terutama netbook yang tidak memiliki CD/DVD drive. Selain lebih cepat  proses instalasi dibandingkan menggunakan media CD/DVD, menggunakan USB  sangat mempermudah kita untuk update BIOS, recovery password atau mencoba, memeriksa dan menganalisa sebuah sistem operasi kita punya. Aplikasi yang dapat kita gunakan untuk membuat bootable pada media USB flash drive adalah Rufus. Aplikasi ini juga gratis (lisensi GNU GPL versi 3) dan portable. Rufus juga mempunyai opsi FreeDOS, sehingga kita dapat menggunakannya untuk booting komputer dalam modus DOS (Disk Operating System). Rufus mendukung membuat bootable USB untuk banyak sistem operasi, beberapa di antaranya, FreeDOS, Gentoo, gNewSense, Hiren’s Boot,Pada Windows Xp,Windows Server 2003, Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan lainnya.

Untuk  bootble USB kita harus melakukan langkah-langkah berikut ini…

1.Terlebih dahulu kita download Rufus  dahulu aplikasi ini gratis. Setelah selesai di download install aplikasinya

2.Jalankan Rufus caranya mengklik dua kali  pada aplikasi Rufus yang kita download tadi. Setelah Rufusnya  terbuka colokan flashdisk yang akan kita buat USB bootable ke komputer. Rufus mendeteksi secara otomatis informasi yang ada dalam  flashdisk kita seperti kapasitas, volume label, ukuran cluster, dan sebagainya.

3.Lakukan pengaturan kita rubah file system dari FAT32 menjadi NTFS. Tetapi jika flashdisk Anda sudah menggunakan file NTFS, Anda tidak perlu lagi merubahnya. Jangan lupa untuk memberi centang di opsi “Quick Format” agar prosesnya dengan cepat.

4.Pilih file instalasi Windows selanjutnya kita memilih file instalasi Windows yang ingin kita gunakan. Sebelum memilih, Anda harus memiliki file instalasi Windows berbentuk file ISO di laptop atau komputer Anda, setelah itu  centang opsi “Create a bootable disk using” lalu pilih ISO Images. Selanjutnya kita mengklik ikon optical drive di sampingnya lalu pilih file ISO yang tersimpan di laptop atau komputer Anda.

5. Untuk memulai bootable klik start”

6.tunggu proses bisa  lumayan lama. Tetapi tergantung berapa besar file Anda semakin besar file Anda semakin lama Anda akan menunggu prosesnya.

7.Rufus akan memulai proses pembuatan USB bootable tersebut. Flash disk Anda  akan diformat dan dikosongkan. Dan semua file instalasi akan disalin ke dalam flash disk kita.

8.Jika sudah seperti ini tampilannya  prosesnya selesai maka klik tombol Close

Sekarang flashdisk Anda  bisa digunakan untuk menginstal sistem operasi Windows 7. Flashdisk Anda sekarang sudah jadi USB bootable  makan akan memiki fungsi seperti  CD atau DVD yang biasa kita gunakan  untuk Install Windows.

baca juga : bagi anda yang suka traveling silahkan mampir ke situs visitgoid disini anda akan mendapatkan informasi tentang tempat-tempat wisata alam, wisata kuliner, wisata budaya dan masih banyak lagi silahkan klikDISINI

Sekian dari saya Cara Bootable USB flashdisk Menggukan Rufus semoga bermanfaat dan dapat membantu di akhir postingan saya mengucapkan Terimakasih….

No Comments

Leave a Comment