K A N G A M E T

Loading

Ketika pertama kali membuat blog dengan wordpress yang dilakukan adalah posting artikel agar website kelihatan terisi konten yang banyak sehingga website lebih kelihatan hidup dan berinteraksi. Kali ini akan membahas cara membuat Page dan Post baru pada wordpress. dimana Post dan Page ini adalah bagian yang paling akan sering kita gunakan saat website di bangun dan setelah website berjalan secara online, karena Page dan Post ini tempat dimana kita meletakkan informasi yang ingin kita unggah di website kita. Jika website digunakan untuk blogging maupun untuk portal berita, maka bagian Post akan sangat sering digunakan untuk memposting tulisan terbaru.

Berikut langkah-langkah dalam pembuatan Post dan Page baru :

Klik menu sidebar pada dashboard pages dan kemudian klik add new seperti gambar di bawah ini :

Membuat page baru

Untuk Bulk Action digunakan untuk menghapus maupun mengedit page maupun post secara bersamaan dengan cara mencentang page maupun post yang mau di hapus maupun di edit. jika ingin mengedit satu persatu cukup dengan mensorot title dari Page maupun Post maka akan muncul menu edit, trash dan quick edit.

Langkah selanjutnya untuk membuat Page baru setelah kita klik button Add New pada langkah pertama tadi kita akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini :

membuat page baru about us

Dalam contoh di atas Title diisi dengan About dan kolom yang besar di bawahnya digunakan untuk mengisi apa yang mau kita tuliskan dan kita publish.  dan jika ingin menyisipkan gambar pada postingan klik Add Media dan pilih gambar yang mau di sisipkan pada artikel anda.

Featured Image : digunakan untuk mengupload gambar thumbnail pada postingan

Publish Immediately : digunakan untuk menjadwalkan postingan kita kapan waktu untuk dipublis ke website kita.

untuk berikutnya membuat Post, pada dasarnya membuat Post sama halnya dengan membuat Page, untuk menu yang harus di klik yaitu Posts dan Add New, cuman perbedaan di Post dengan Page yaitu terletak pada adanya Categories dan Tags, untuk penulisan Tag sesuaikan dengan pembahasan dari artikel yang sudah anda tuliskan, dalam contoh saya menulisakan CMS dan WordPress, karena tulisan saya berhubungan dengan topik tersebut, dan penulisan pada Tag harus dipisahkan dengan koma. seperti gambar di bawah ini.

category&tag

Demikianlah cara mudah Buat Posting dan Page baru di WordPress, cara ini begitu simpel dan mudah. Semoga membantu.

No Comments

Leave a Comment