K A N G A M E T

Loading

Bagi anda yang menginginkan blog wordpressnya bekerja dengan baik, aman, lebih menarik/interaktif perlu adanya plugin, wodrpress memiliki sistem plugin yang memudahkan penggunan untuk meningkatkan kemampuan dan mengkostumisasi website / blogging platfrom. Salah satu kelebihan wordpress self hosted dibanding dengan platform blogging lainnya, adalah memberikan kita kemudahan dalam mengkustomisasi situs kita. Plugin-plugin yang tersedia di direktori plugin wordpress bisa kita gunakan untuk mengubah dan menambahkan fungsi/fitur website kita sesuai kebutuhan.

berikut macam-macam plugin pada wordpress :

1.All-in-one SEO Pack

Plugin All in one SEO pack dapat diandalkan, terawat dan juga secara otomatis menghasilkan meta tag, mengoptimalkan konten sehingga dapat dilirik oleh search engine. Fitur-fitur lainya juga sangat bermanfaat untuk optimasi SEO website.

Plugin All-in-one Seo Pack berfungsi unruk:

– Menampilkan judul halaman yang SEO friendly

– Menambahkan meta tag Description dan keywords secara otomatis

– Menghindari duplicate content

– Menggantikan FTP client yang biasa kita gunakan untuk mengupload   atau  menghapus plugin atau themes.

2.Google XML Sitemap

Plugin ini akan membuat sitemap XML khusus yang akan membantu mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan Ask.com untuk indeks yang lebih baik blog Anda. Dengan sebuah sitemap, itu jauh lebih mudah bagi untuk melihat struktur lengkap situs Anda dan mengambilnya lebih efisien. Plugin ini mendukung semua jenis halaman WordPress dihasilkan serta URL kustom. Selain itu memberitahukan semua mesin pencari utama setiap kali Anda membuat posting tentang konten baru.

Plugin Google XML Sitemap berfungsi untuk:

– Menciptakan sitemap berformat XML secara otomatis

– Sitemap digunakan oleh Google Webmaster Tools dan Yahoo! Site   Explorer untuk membantu mengindex website kita.

3.bSuite

bSuite adalah seperangkat alat yang membantu permukaan cerita menarik dan populer serta meningkatkan WordPress kemampuan CMS dan kegunaan sebagai platform aplikasi. Tersedia widget dapat menampilkan tulisan paling populer, baru-baru berkomentar posting, atau posting terkait (juga dapat menambahkan posting terkait listof ke bagian bawah konten tulisan). Shortcode Ditambahkan membantu mengatur konten, memungkinkan Anda untuk menampilkan semua sub-halaman dari halaman saat ini atau daftar semua judul dalam halaman. Shortcode lain akan membuat feed RSS ke halaman atau posting. Lihat screenshot untuk lebih.

Plugin bSuite berfungsi untuk:

– Menangkap Query yang digunakan oleh pengunjung untuk sampai   ke website kita

– Memperkuat SEO

– Menggunakan resource database yang besar sehingga dibutuhkan   server yang kuat

4.CA-Title

CA-Title adalah plugin untuk WordPress yg bertujuan untuk mempermudah pembuatan Title / Judul halaman yg menarik dan SEO-friendly tentunya. Kalo sebelumnya kita harus berkutat dng kode” WP untuk memodifikasi title halaman website, dengan plugin ini kita cukup menentukan formatnya, dng bahasa yg mudah di mengerti

PluginCA-Title berfungsi untuk:

– Menciptakan judul halaman sesuai dengan format yang kita inginkan

– Masing-masing jenus halaman (post, page, kategori, dll) dapat memiliki format yang berbeda-beda.

– Plugin ini juga mendukung UTW dan menampilkan tag-tag UTW pada halaman tag archive.

5.Related Post

Plugin ini menghasilkan posting terkait melalui Tag yang Anda buat. Dan hasilnya akan ditampilkan di bagian bawah posting-an Anda. Disinilah usaha optimasi SEO Anda bisa diharapkan, karena hal ini akan membuat pengunjung mendapatkan “materi” artikel lebih banyak untuk dilihat.

PluginRelated Post berfungsi untuk:

– Menampilkan link ke artikel-artikel lainnya dalam blog anda yang behubungan dengan artikel yang tampil saat ini.

– Meskipun hanya berupa inbound link, tapi artike-artikel yang dilink memiliki kesamaan topil, maka poin SEO-nya juga kuat.

6.WordPress Seo By Yoast Plugin Optimasi SEO gratisWordPressseo by yoast adalah sebuah plugin untuk membantu mengoptimalkan performansi dan penampilan situs anda di mesin pencari, seperti google, bing, dan yahoo.

Banyak orang berkata bahwa wordpress seo by yoast adalah plugin SEO terbaik untuk jenis plugin SEO gratis. Saya sendiri sangat setuju. Plugin ini memungkinkan kita untuk menentukan judul & meta setiap halaman dan posting, menilai seberapa baik SEO untuk setiap posting yang ditulis, Edit htaccess & robots.txt, membuat sitemap, dan masih banyak lagi. Hampir semua teknik SEO on-page bisa anda lakukan dengan bantuan plugin ini, apalagi jika anda menggunakan versi berbayar-nya.

7.IThemes Security Plugin keamananiThemes Security merupakan plugin untuk mengamankan situs wordpress anda dari serangan para hacker maupun orang jail yang berusaha menyelinap masuk pada halaman admin atau cpanel website anda. iThemes security membantu anda mengamankan blog anda dari Brute force, SQL injection, Shell, DDos, dan masih banyak lagi.

Selain mengamankan dari serangan hacker, plugin ini juga bisa digunakan untuk backup database maupun file-file pada situs anda.Plugin ini cukup agresif, sehingga pemakaian yang berlebihan bisa mempengaruhi kinerja situs anda.

8.WP Optimize

Plugin Optimasi databaseWP optimize adalah plugin wordpress yang berfungsi untuk mengoptimalkan penggunaan database pada situs wordpress anda. Plugin ini bekerja dengan cara membersihkan data-data tidak penting pada database yang dihasilkan secara otomatis, seperti komentar spam, auto draft, post revisions dan sebagainya. Plugin ini akan membantu anda untuk menghemat source database website anda.

Penggunaa WP optimize untuk mengoptimalkan database bisa anda lakukan secara manual dengan klik tombol “Process” pada halama WP-Optimize atau dengan cara menjadwalkan pengoptimalan database secara otomatis.

9.Wp Smush It

Plugin untuk mengkompress gambarPlugin ini masih untuk mengoptimalkan perfomansi dan kecepatan website. Wp smush it adalah plugin untuk mengompress dan mengoptimalkan gambar sehingga bisa di-load lebih ringan tanpa merusak kualitas gambar tersebut. Setiap gambar yang terupload, akan otomatis di optimalkan oleh plugin ini. Untuk gambar yang sudah terupload sebelum plugin ini di install, anda bisa mengompressnya secara manual pada halaman bulk smush it (menu Media > Bulk smush it) .

Itulah 9 plugin wordpress yang saya rekomendasikan untuk anda. Tidak harus anda pakai semuanya, tapi pakailah yang benar-benar sesuai kebutuhan anda.

No Comments

Leave a Comment