K A N G A M E T

Loading

5Cara Meningkatkan Fungsi Otak

carameningkatkanfungsiotak

Otak merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia, karena berbagai fungsi tubuh manusia itu dikendalikan oleh otak. Fungsi kognitif sangat bergantung pada kesehatan otak kita yang ditandai dengan kemampuan otak dalam memproses berbagai stimulus dari lingkungan sekitar. Diantaranya untuk mempelajari hal – hal baru, mengikuti intuisi, melakukan penilaian, kemampuan berbahasa dan kemampuan mengingat.

Kemampuan otak dapat menurun apabila jarang menerina dan memproses stimulus, atau dengan kata lain jika kita jarang menggunakan otak untuk berfikir, maka fungsi otak akan menurun jika jarang memproses stimulus terlebih lagi jika tidak digunakan untuk berpikir secara optimal. Karena dapat menyebabkan penurunan fungsi seiring berjalannya waktu.

Klik aja :https://id-fbs.trade/?ppu=10627537

Otak terdiri dari dua bagian, otak besar ( Celebrum ) dan otak kecil ( Cerebellum ) yang masing – masing berfungsi untuk memproses stimulus. Otak akan benar – benar bekerja dan mengalami peningkatan fungsi jika semua bagian otak ikut memproses stimulus. Hal ini hanya akan terjadi saat kita melakukan kegiatan yang mendorong untuk aktif bergerak, mencari dan mempelajari hal baru, secara tiga dimensi di dunia nyata bermain suatu permainan di depan layar untuk

” mengasah otak ” mungkin akan memberikan sedikit efek positif, namun tidak akan membantu meningkatkan fungsi otak.

5 Cara Kegiatan Yang Dapat Meningkatkan Fungsi Otak

1. Beraktifitas fisik

Beraktifitas fisik akan terjadi beberapa mekanisme yang dapat mempengaruhi fungsi kognitif seseorang. Hal ini akan dapat mencegah terjadinya stroke dan membantu dalam pembentukan sel otak yang baru. Dengan demikian, fungsi otak akan meningkat dan menjaga kemampuan daya ingat otak.

2. Mengatur Pola Makan  Dan Asupan Nutrisi

Otak merupakan organ yang membutuhkan asupan nutrisi untuk energi, karena otak paling banyak membutuhkan energi untuk menjalankan fungsinya dengan baik. Memenuhi kebutuhan glukosa dan karbohidrat akan menyediakan energi yang cukup bagi otak untuk melakukan fungsinya. Jenis karbohidrat kompleks akan lebih baik di konsumsi karena akan menghasilkan energi yang lebih tahan lama.

3. Mengatur Stres

Pemicu stres dari lingkungan sekitar akan mudah meningkatkan hormon kortisol dalam tubuh hal ini dapat disebabkan karena otak memproses pikiran yang terus menerus menimbulkan kecemasan. Jika Anda mengalami stres dalam waktu yang lama kemungkinan kadar hormon Kortisol akan cenderung konstan atau bahkan meningkat, hal ini dapat menurunkan fungsi otak, membuat Anda mengalami gangguan Mood dan mengalami kesulitan dalam belajar.

4. Menjalin Komunikasi Sosial ( Bergaul )

Bersosialisasi dapat mencegah seseorang merasa depresi dan kesepian, kedua hal ini adalah pemicu penurunan fungsi otak.  Merasa terisolasi dari lingkungan sosial juga akan menimbulkan efek buruk bagi kesehatan. Kedua faktor ini akan berinteraksi satu sama lain sehingga meningkatkan produksi hormon stres yang pada akhirnya mengganggu fungsi kognitif otak. Menjalin koneksi sebanyak – banyaknya dan lebih banyak bergaul untuk mengurangi resiko penurunan fungsi otak.

5. Istirahat Yang Cukup

Otak memerlukan istirahat yang cukup untuk menyimpan serta memproses ingatan dan hal – hal yang sudah di pelajari dengan baik. Tidur adalah salah satu cara terbaik untuk mengistirahatkan otak. Kekurangan waktu tidur akan menurunkan fungsi otak untuk berfikir dan memproses informasi tidur yang cukup biasanya memerlukan waktu 8 jam.

No Comments

Leave a Comment