K A N G A M E T

Loading

Selamat Datang di Blog ini. Privasi menjadi hal yang sangat penting untuk dilindungi saat ini karena banyak orang yang berusaha menghancurkan privasi anda, apalagi perangkat elektronik seperti komputer, laptop, smartphone menjadi tempat favorit untuk menyimpan file yang sangat sensitif

Seperti password master (user buat login semua akun sosial media), foto/video syur pribadi , aktivitas kurang pantas yang didokumentasikan & sebagainya

Pastinya semua hal ini sudah diperhatikan oleh orang-orang yg mempunyai gadget, sang sebab itu mereka menaruh kunci pola pada gadget agar nir sembarangan orang bisa membuka isi didalam hp mereka

Tetapi, terkadang terdapat saja peristiwa nyeleneh menurut orang-orang indonesia seperti lupa pola kunci buat membuka smartphone android padahal didalamnya masih ada arsip penting yg wajib dipertahankan , umumnya bila pengguna android melupakan pola kunci maka hal pertamakali yang mereka pikirkan merupakan flash ulang

Cara Mengatasi Lupa Pola Kunci dalam Smartphone

Lupa pola kunci memang sudah menjadi kebiasaan bagi kebanyakan orang yang akhirnya malah merugikan dirinya sendiri. Sebenarnya perkara lupa itu masih sanggup diminimalisir dengan beberapa hal seperti dibawah ini.

– Tips meminimalisir lupa pola kunci

Banyak hal yg mampu kamu lakukan untuk menghindari insiden lupa pola kunci dalam smartphone android yg sanggup merugikan diri sendiri juga orang lain, seperti :

a. Menggunakan pola atau sandi sederhana

Sederhana disini maksudnya nir menyuruh engkau buat menentukan password atau pola yang gampang buat ditebak. Namun, menyuruhmu buat memakai pola yang mudah engkau jangan lupa

b. Mencatat sandi atau pola kunci

Bagi kamu yang mendapat julukan sebagai seorang pelupa, alangkah baiknya bagi kamu yang ingin mengaktifkan fitur pola kunci atau sandi agar mencatatnya di buku supaya kejadian seperti lupa pola kunci tidak terjadi lagi.

Soalnya kalau sudah kejadian maka tidak ada yang bisa dimintai tolong kecuali diri sendiri, anda harus mengingat-ngingat pola kunci yang digunakan dan apabila salah sebanyak 3x maka anda harus menunggu selama berjam-jam untuk percobaan selanjutnya

Hal itu pastinya bisa diminimalisir dengan membuat catatan pribadi yang berisi pola kunci atau password untuk membuka smartphone android

Namun pastikan agar menyimpannya ditempat yang aman supaya tidak ada orang yang mengetahui catatan tersebut.

– Cara membuka pola kunci yang lupa

Beberapa tips yang sudah saya sampaikan diatas memang seharusnya kamu lakukan supaya kamu suatu saat nanti tidak kebingungan mencari-cari cara untuk membuka smartphone yang terkunci , apalagi kesalahan berulang menyebabkan percobaan berikutnya bisa tertunda selama 48 jam pastinya smartphone kalian tidak bisa digunakan sama sekalikan?

Namun, bagi kamu yang sudah terlanjur melakukan kesalahan dengan melupakan pola atau sandi kunci layar dan tidak mempunyai catatannya maka kamu tidak perlu khawatir karena terdapat banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membypass pola kunci gadgetmu

Beberapa cara tersebut telah kami rangkum dibawah ini yang pastinya bisa kamu lakukan sesuai dengan keadaanmu.

1. Fitur lupa sandi

Bagi kamu yang sudah meloginkan akun email kedalam smartphone yang terkunci dan kamu masih hafal dengan email dan passwordnya maka kamu bisa menggunakan cara yang satu ini untuk membuka smartphone yang polanya lupa

Untuk caranya sendiri yaitu kamu harus membuka smartphone dan pada layar lockscreennya kamu pilih lupa sandi atau dalam bahasa inggrisnya yaitu forgot pattern. Pastikan smartphone atau hp kamu juga terkoneksi dengan internet. (menyalakan paket data tidak harus membuka kunci tinggal geser kebawah)

Kemudian akan muncul layar baru, masukkan email google kedalam kolom yang ada, namun email yang digunakan sudah harus terkoneksi atau terhubung dengan hp tersebut. Setelah itu pilih tombol sign in.

Nantinya akan muncul beberapa opsi, supaya lebih mudah kamu pilih saja yang mengirim pola ke email. Nantinya pihak google akan mengirimkan tautan ke emailmu, buka saja emailmu menggunakan gadget lainnya. Nah, pilih saja pesan email yang baru saja masuk yang dikirim oleh pihak android dan ikuti sesuai petunjuk yang diminta.

2. Menggunakan ADM atau android device manager

Caranya tidaklah terlalu sulit, hanya membutuhkan gadget tambahan seperti hp lain atau hp teman, internet, dan pastinya akun google harus terhubung dengan hp yang terkunci tadi.

Pertama kamu harus masuk kedalam web browser lalu login kedalam akun gmail  > pilih manage my account > keamanan > perangkat anda > pilih perangkat/merek handphone anda > temukan ponsel anda > kunci pola anda > masukkan kata sandi yang baru > konfirmasi kata sandi baru yang pastinya keduanya sama. Tentukan sandi yang mudah diingat supaya kamu tidak lupa kembali.

mengatasi lupa pola kunci pada smartphone android

3. Fitur ADB

Untuk cara yang satu ini dapat berfungsi bagi smartphone kamu yang pernah melakukan pengaktifan fitur USB Debugging yang ada di pengaturan aksesbilitas. Pastinya bagi kamu yang suka mengutak-atik hp sudah faham betul , jika belum maka kamu bisa melihat postingan lain mengenai USB Debugging ini.

Cara ini pastinya membutuhkan media komputer atau laptop, kemudian sambungkan hp tadi ke laptop menggunakan kabel usb dan pastikan driver smartphonemu sudah terhubung

Pastikan anda dulu pernah menginstall adb fastboot  > Install adb fastboot

Kemudian buka aplikasi command prompt atau yang biasa disebut sebagai CMD pada direktori instalasi adb tadi. Ketikkan kode berikut : adb shell rm data/system/gesture.key kemudian tekan enter pada keyboardmu.

Tunggu beberapa saat, jika sudah maka reboot smartphonemu. Jika setelah hpmu menyala kembali dan sandi sudah hilang maka cara ini dapat berhasil, setelah berhasil jangan lupa untuk langsung mengganti sandi atau pola baru.

4. Hard reset hp

Jika berbagai cara telah kamu lakukan namun tidak ada yang berhasil, maka jalan satu-satunya adalah dengan melakukan hard reset hp yang pastinya ada banyak resiko didalamnya. Salahsatu yang paling berat yaitu kamu harus merelakan semua data yang ada pada hpmu itu terhapus termasuk kontak SIM dan file yang tersimpan di memori telepon

Untuk bisa mempraktekkan cara ini juga harus terdapat beberapa kondisi dimana saat membukanya kembali kamu akan dihadapkan dengan login google yang pernah kamu masukkan ke hpnya, jika kamu masih hafal maka ini situasi yang bagus namun jika tidak, maka kamu akan kesulitan masuk. Biasanya keadaan ini terjadi pada hp dengan sistem android yang lebih baru.

Bagi kamu yang ingin mencobanya maka kamu bisa melakukan beberapa tahapan, yang pertama pastinya dengan mematikan hp terlebih dahulu. Kemudian masuk ke sistem recovery masing-masing hp (klik tombol power + volume up secara bersamaan)

Setiap hp mempunyai kombinasi tombol yang berbeda, seperti pada xiaomi dengan menekan tombol power + volume atas bersama-sama, samsung generasi lama dengan menekan tombol power + tombol tengah + volume atas bersama-sama. Kamu bisa melihatnya pada artikel lain untuk mengetahui tombol kombinasi pada hpmu.

Jika kamu sudah masuk ke recovery system, kamu tinggal mencari menu wipe data dengan menggunakan tombol volume (navigasi naik turun menu). Kemudian tekan tombol power untuk memilih menu tersebut.

Setelah itu pilih yang bertuliskan wipe all data atau dengan bahasa yang lain namun dengan artian yang sama. Proses ini akan memakan waktu sedikit lama. Jika sudah selesai maka kamu bisa memilih tombol back to main menu dan pilih reboot to system.

Itulah beberapa cara untuk membuka kunci atau pola hp yang lupa dengan mudah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kamu yang masih kebingungan karena lupa sandi atau pola hp.

No Comments

Leave a Comment